detikhealth

Alasan Mengapa Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 03/11/2017 18:07 WIB
Alasan Mengapa Tubuh Merasa Lelah Sepanjang WaktuKelelahan sepanjang waktu tidak boleh disepelekan. Foto: thinkstock
Jakarta, Banyak orang menganggap kelelahan terjadi karena gaya hidup yang terlalu sibuk, tapi tak selalu demikian. Bisa juga merasa lelah sepanjang waktu walau tak mengerjakan apapun. Nah, bisa jadi penyebabnya adalah gangguan medis yang cukup serius. Seperti apa?

Berikut beberapa alasan utama seseorang merasa lelah sepanjang waktu, seperti dilansir dari laman Prevention.

Baca juga: Ini Tandanya Tubuh Anda Sedang Kelelahan

1. Anemia

Anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam darah. Akibatnya energi pun menurun karena oksigen tidak terangkut dengan mudah oleh sel darah merah. Selain itu, anemia juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin, perdarahan internal atau penyakit kronis seperti rheumatoid arthritis, kanker, atau gagal ginjal.

Pada wanita usia subur sangat rentan terhadap anemia karena kehilangan darah saat menstruasi. Begitu pula pada wanita hamil maupun menyusui, rentan mengalami anemia karena membutuhkan lebih banyak zat besi.

2. Penyakit tiroid

Bila hormon tiroid tidak bekerja dengan baik, hormon ini akan melelahkan hari-hari Anda. Kelenjar tiroid mengeluarkan hormon yang mengendalikan fungsi utama tubuh. Bila hormon tersebut di luar kendali maka dapat mengganggu tingkat energi Anda.

3. Diabetes

Diabetes disebabkan oleh kurangnya insulin dalam tubuh. Glukosa ekstra yang tidak terpakai dalam darah juga dapat menyebabkan kelelahan. Oleh sebab itu jika Anda menderita diabetes, maka gejala yang akan timbul adalah buang air kecil yang berlebihan, sering kesemutan, dan penglihatan kabur. Karena itu segera obati diabetes dengan pemeriksaan gula secara teratur.

4. Depresi

Tanpa disadari, gangguan kejiwaan seperti depresi dapat memengaruhi fisik seseorang termasuk merasa lelah sepanjang waktu. Jika menemui gejala seperti ini, Anda perlu segerai memeriksa ke seorang ahli untuk mengatasi penyebab masalah ini.

5. Kelelahan kronis

Sindrom kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome (CFS) adalah kondisi di mana tubuh merasa mudah lelah dan selalu merasa lelah untuk melakukan aktivitas normalnya. Biasanya gejala yang ditimbulkan antara lain sakit kepala, nyeri otot dan sendi dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi. Yang lebih membingungkan, sindrom ini tidak diketahui penyebabnya.

6. Sleep apnea

Sleep apnea merupakan gangguan yang sangat umum yang menyebabkan kelelahan di siang hari. Dalam hal ini dapat mengakibatkan gangguan tidur, pernafasan terganggu bahkan berhenti tanpa sadar saat tidur yang diakibatkan oleh penyempitan pada saluran udara di hidung, mulut atau tenggorokan.

Baca juga: Tubuh Lelah Tak Selalu Bisa Diatasi dengan Minuman Energi(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close