detikhealth

3 Tanda Masalah Kesehatan yang Bisa 'Diramal' Lewat Kaki

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 06/11/2017 14:00 WIB
3 Tanda Masalah Kesehatan yang Bisa Diramal Lewat KakiKaki bisa menjadi indikator masalah kesehatan/Foto: Thinkstock
Jakarta, Mungkin tak banyak orang yang selalu memperhatikan kondisi kakinya. Padahal jika diamati dengan benar, dari kaki, Anda bisa tahu tentang beberapa indikator masalah kesehatan.

Anda dapat mendeteksi penyakit mulai dari diabetes hingga penyakit kekurangan gizi atau nutrisi hanya dengan memeriksakan kaki. Dirangkum dari berbagai sumber, setidaknya ada 3 kondisi kesehatan yang bisa diketahui dari kondisi kaki, apa saja?

Baca juga: Berbagai Kondisi Kaki yang Menandakan Masalah Kesehatan

1. Jari mati rasa

Apakah Anda pernah merasa jika jari-jari di kaki begitu dingin atau mati rasa? Nah, itu mungkin pertanda Anda memiliki masalah sirkulasi vaskular. Umumnya kaki dingin disebabkan faktor lingkungan yang dingin. Beberapa penyakit yang membuat Anda sering mengalami kedinginan di bagian kaki, salah satunya adalah penyakit Raynaud. Kondisi ini biasanya lebih sering terjadi pada wanita.

Untuk mengatasinya, tidak ada salahnya untuk konsultasi ke dokter. Selain itu, penting melakukan pencegahan yakni dengan mengenakan sarung tangan maupun kaus kaki tebal jika terpapar suhu dingin agar tak berisiko lebih besar mengalami radang dingin.

2. Kesemutan

Dalam banyak kasus, kesemutan di kaki bisa menjadi tanda kerusakan saraf akibat cedera traumatik, infeksi bakteri atau virus, dan juga penyakit sistemik seperti diabetes. Kerusakan saraf ini dikenal sebagai neuropati perifer. Gejala ini adalah tanda pertama dari diabetes.

3. Kuku rapuh dan pecah

Kuku jari terbuat dari lapisan protein yang disebut keratin. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki kuku kuat dan sehat. Kuku jari kaki yang rapuh dan mudah pecah adalah cerminan masalah dalam tubuh yang kerap dikaitkan dengan rendahnya kadar zync dan zat besi sehingga muncul penyakit anemia. Keadaan kuku kaki seperti itu bahkan bisa sampai menunjukkan beberapa kelainan, seperti tiroid atau endokrin.

Baca juga: Benarkah Kaki yang Kedinginan karena Basah Bisa Bikin Flu?(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit