detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Posisi Nyaman Berhubungan Intim di Usia Kandungan 8 Bulan

Senin, 06/11/2017 19:07 WIB
Posisi Nyaman Berhubungan Intim di Usia Kandungan 8 BulanPosisi apa yang nyaman dilakukan saat sedang hamil 8 bulan agar tak mengganggu kehamilan? Ini penjelasan dari pakar kesehatan. Foto: thinkstock
Selamat sore dok, istri saya sedang mengandung 8 bulan, apakah bahaya melakukan hubungan seks? Apakah benar, hubungan seks saat istei mengandung di atas 7 bulan akan memperlancar saat melahirkan? Kemudian, posisi yang seperti apa yang nyaman? Terima kasih.

P (Laki-laki, 30 tahun)

Jawaban

Keinginan untuk melakukan hubungan intim pada wanita hamil berkaitan dengan periode kehamilannya.

Pada tiga bulan pertama kehamilan, wanita tidak ingin melakukannya. Keinginan timbul dan meningkat pada pada trimester kedua (bulan ke 4,5, dan 6), serta menurun lagi pada tiga bulan terakhir kehamilan, sejalan dengan makin membesarnya kehamilan, dimana gerakan-gerakan bayi telah terasa, hingga membuatnya tidak nyaman untuk hubungan intim.

Hubungan intim saat kehamilan istri Anda 8 bulan, boleh dilakukan asalkan posisi dan teknik bersanggama diatur sedemikian rupa hingga tidak membebani rahim yg tengah mengandung bayi.

Posisi yg nyaman adalah Rear Entry Position (Doggy position), yaitu hubungan intim dengan posisi pria di belakang wanita.

Tapi, gerakan penetrasi penis harus selembut mungkin. Posisi lain adalah Woman on Top, wanita di atas pria. Lancarnya proses melahirkan ditentukan sejak awal kehamilan, oleh terbinanya kebugaran fisik dan psikis istri Anda. Didukung oleh asupan gizi seimbang, exercise fisik (senam hamil) secara teratur, hingga kadar hormon reproduksi untuk memperlancar persalinan akan optimal.

Bisa disimpulkan: hubungan intim saat usia kehamilan 7 bulan merupakan bagian dari rangkaian proses membina kebugaran fisik semata. Jelasnya, bila pembinaan kebugaran fisik tidak dilakukan sejak awal kehamilan, hubungan intim di atas usia kehamilan 7 bulan tidak akan berfungsi.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(mrs/hrn)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit