detikhealth

Sarapan dengan Menu Ikan Asin, Tingkatkan Risiko Kanker Nasofaring?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 07/11/2017 07:29 WIB
Sarapan dengan Menu Ikan Asin, Tingkatkan Risiko Kanker Nasofaring?Foto: Thinkstock
Jakarta, Makan ikan asin menjadi kenikmatan tersendiri bagi para penggemarnya apalagi bila ditambah dengan sambal terasi. Tapi hati-hati, keseringan makan ikan asin ditengarai dapat menyebabkan kanker nasofaring. Benarkah begitu?

"Betul banget. Jadi ikan asin, makanan yang dibakar, seperti sate, ayam bakar, bebek bakar, memang pemicu terbesar kanker nasofaring setelah virus," kata spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan, dr Linda Herliana, SpTHT-KL, Mkes atau yang akrab disapa dr Linda dari RS Permata Depok kepada detikHealth.

Menurut dr Linda, ikan asin mengandung senyawa nitrosamin yang merupakan karsinogenik (senyawa penyebab kanker). Ini karena, dalam proses pengasinan dan penjemurannya, sinar matahari akan bereaksi menyinari bagian daging asin dengan nitrit dan membentuk senyawa nitrosamin.

Baca juga: Penyebab Unik Kanker Nasofaring Seperti Dialami Aktor Kim Woo Bin

"Karena di ikan asin itu cara pengolahannya kan dijemur. Nah si matahari ini di daging ikan itu ada kandungan nitrit, nah si matahari ini mengubah nitrit ini menjadi zat yang kita namakan nitrosamin," ujar dr Linda.

"Jadi nitrosamin ini sifafnya karsinogenik. Jadi bukan ikan asinnya tapi kandungan ikan asinnya setelah dijemur itu si nitrit ini berubah menjadi nitrosamin yang membuat dia sifatnya karsinogenik," tutur dr Linda lebih lanjut.

Mengingat kanker nasofaring ini adalah penyakit serius, sebaiknya batasi mengonsumsi ikan asin, terlebih bagi yang mempunyai riwayat penyakit kanker karena potensi risiko terjadi keganasan akan lebih tinggi.

"Mungkin kalau ikan asinnya nggak dijemur sih, fine-fine saja. Boleh-boleh saja sekali dua kali, tapi sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jangka banyak, apalagi seseorang itu punya potensi, misal di keluarganya punya riwayat CA (kanker)," pungkas dr Linda.

Baca juga: Sering Makan Ikan Asin plus Nasi Panas = Kanker Tenggorokan?

(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close