detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Kepala Mr P Kecil, Normalkah?

Selasa, 07/11/2017 19:10 WIB
Kepala Mr P Kecil, Normalkah?Ukuran penis tidak terlalu berpengaruh terhadap performa bercinta seorang pria. (Foto: Thinkstock)
Selamat sore Dok. Saya mau tanya, saat berhubungan sama istri, saya baru 5 menit sudah mau keluar. Apa itu yang namanya ejakulasi dini?

Ukuran penis saya jika ereksi cuma 12 cm kalau tidak ereksi cuma 4 atau 3 cm dan kepala penis juga kecil dok apakah itu normal?

A (Laki-laki, 27 tahun)

Jawaban

Ukuran penis tidak begitu penting. Jauh lebih penting adalah ereksi penis yg harus keras dan tegang.

Dari keluhan Anda, agaknya Anda mengalami Ejakulasi Dini (ED).

Penyebabnya:

1. Psikis
Adalah kebiasaan ingin mencapai orgasme dan ejakulasi secara tergesa-gesa; kecemasan.

2. Fisik
Berkaitan dengan kadar hormon serotonin yg rendah hingga cepat ejakulasi; hipersensitivitas (kepekaan yg berlebih) glans penis (kepala penis) yg menyebabkan stimulasi berlebihan.

Disarankan Anda saat ML, menunda penetrasi penis hingga isteri mencapai taraf mendekati orgasme, barulah lakukan penetrasi.

Cara lain adakah dengan mengikuti petunjuk dokter keluarga Anda, bisa dicoba mengoleskan salep atau krim pada glans-penis yg mengandung bahan anaestesi, antara lain benzocaine, dibucaine, prilocaine atau lidocaine.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit