detikhealth

Konsultasi Umum

Sariawan di Samping Lidah, Bagaimana Mengobatinya?

Hanna Pratiwi - detikHealth
Selasa, 07/11/2017 19:35 WIB
Sariawan di Samping Lidah, Bagaimana Mengobatinya?Sariawan di lidah bisa membuat seseorang jadi sulit mengunyah makanan. (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Sore Dok, saya ada bercak seperti sariawan di samping lidah, yang sudah saya derita 1 bulan lebih. Sudah ke dokter umum, dokter gigi, obat salep, obat kumur tapi sariawan tersebut tidak sembuh-sembuh. Bagaimana penanggulangannya? Terimakasih Dokter.

Chris (Laki-laki, 35 tahun)

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaannya. Stomatitis atau sariawan merupakan suatu peradangan di daerah selaput lendir daerah mulut. Hal ini dapat terjadi karena banyak hal, antara lain: infeksi, respon alergi atau iritasi dari makanan ataupun bahan-bahan kimiawi.

Strategi yang dapat dilakukan agar keluhan tidak berulang antara lain, menghindari makanan atau minuman yang terlalu panas saat akan dikonsumsi, banyak minum air putih agar mulut senantiasa lembab, perbanyak makan sayuran dan buah, khususnya buah-buahan yang mengandung vitamin C. Karena kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan munculnya keluhan sariawan.

Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat, terima kasih.

dr Kevin William Hutomo
Dokter Umum di RS Permata Depok
www.rspermatadepok.com(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit