detikhealth

Konsultasi Umum

Keluar Darah Saat BAB, Gejala Wasir?

Hanna Pratiwi - detikHealth
Rabu, 08/11/2017 09:34 WIB
Keluar Darah Saat BAB, Gejala Wasir?Buang air besar mengeluarkan darah kemungkinan besar mengalami wasir. Foto: Thinkstock
Jakarta, Saya mau bertanya Dok, saya tadi ketika BAB mengeluarkan darah segar, itu pertama kali yang terjadi. Saya ada riwayat hidup penyakit gastritis Dok, kemarin sewaktu dirawat analisisnya berubah menjadi epigastric.

Pagi ini saya BAB, waktu saya ngeden BABnya keluar bersamaan dengan sedikit darah segar, ini baru pertama kali terjadi, apakah itu bahaya? Penyakit apa yang saya alami ini?

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaannya. Sekilas dari keluhan yang Anda keluhkan kemungkinan besar Anda menderita wasir (hemorrhoid). Ini merupakan suatu benjolan di daerah anus yang di dalamnya terdapat pembuluh darah sehingga saat anda mengejan saat BAB. Dapat menyebabkan pembuluh darah pecah dan darah segar ikut keluar bersamaan dengan kotoran.

Saran saya agar Anda segera memeriksakan diri anda kepada dokter di sekitar Anda untuk dilakukan penilaian seberapa parah wasir yang saat ini sedang Anda alami. Kebanyakan hemorrhoid adalah penyakit ringan, namun bila benjolan semakin besar gejala dan keluhan yang Anda rasakan dapat semakin banyak. Oleh karena itu segera periksakan diri ke dokter.

Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat.

dr Kevin William Hutomo
Dokter Umum di RS Permata Depok
www.rspermatadepok.com(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit