detikhealth

Berdiri Lama Saat Resepsi, Apa Risiko Kesehatannya?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Rabu, 08/11/2017 14:06 WIB
Berdiri Lama Saat Resepsi, Apa Risiko Kesehatannya?Ketika melangsungkan resepsi, mau tidak mau pengantin harus rela berdiri lama seperti yang sedang dialami oleh Kahiyang Ayu dan Bobby. Apa risikonya? Foto: Agus Suparto/Setpres
Jakarta, Kahiyang Ayu, anak kedua dari Presiden Republik Indonesia Jokowi sudah resmi dipinang oleh Bobby Nasution. Setelah rangkaian acara jelang pernikahan, Kahiyang Ayu dan Bobby kini harus menguatkan diri berdiri di pelaminan menyambut uluran ucapan selamat dari para tamu.

Jika melihat tamunya yang begitu banyak tentunya Kahiyang tidak akan berdiri sebentar. Lantas, seperti apa risiko kesehatan yang harus dihadapi ketika seseorang berdiri terlalu lama?

Dilansir Daily Mail, (8/11/2017), berdiri terlalu lama tentu akan membuat kaki merasa sakit. Belum lagi persendian yang terasa pegal, sakit pada tulang belakang dan juga kelelahan. Namun, jika segera mengistirahatkan diri dan tidak dilakukan secara rutin, berdiri terlalu lama tidak akan memberikan masalah kesehatan yang cukup serius.

Baca juga: Mulai Kahiyang Ayu hingga Nadine Pascale, Ini Olahraga Pilihan Anak Pejabat RI

Anda bisa mengompres telapak kaki dengan es selepas acara dan melakukan gerakan-gerakan simpel yang bisa membantu menghilangkan rasa pegal. Gerakan tersebut di antaranya seperti duduk atau berbaring dengan kaki diangkat ke atas untuk membantu mengurangi pembengkakan. Selain itu, untuk sementara, hindari aktivitas yang berat misalnya jogging atau berlari.

Akan tetapi, lain halnya jika Anda memang terbiasa untuk bekerja sehari-hari dengan tuntutan berdiri selama berjam-jam. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Human Factors, mereka yang sering berdiri terlalu lama mempunyai kemungkinan mengalami masalah punggung yang menyakitkan atau bahkan kerusakan otot permanen yang lebih tinggi.

Karena itu, jangan ragu untuk mengonsultasikan masalah ini kepada dokter untuk menghindari risiko-risiko yang ada. Dengan begitu, dokter akan membantu Anda memberikan tips agar Anda selalu sehat dalam bekerja.

Baca juga: Foto: Ini Daftar Pejabat yang Hadiri Akad Nikah Anak Jokowi

(ask/mrs)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit