detikhealth

Komunikasi yang Kurang Baik Dapat Tingkatkan Masalah Kesehatan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 08/11/2017 17:20 WIB
Komunikasi yang Kurang Baik Dapat Tingkatkan Masalah KesehatanKomunikasi yang buruk akan memengaruhi masalah kesehatan/Foto: thinkstock
Jakarta, Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik sangatlah penting. Komunikasi yang baik dapat membantu Anda untuk mendapatkan jalinan pertemanan serta pekerjaan yang baik. Berbeda dengan orang yang komunikasinya kurang baik. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa orang dengan keterampilan sosial yang buruk berisiko pada masalah kesehatan mental dan fisik.

Kebanyakan dari kita belajar berkomunikasi melalui keluarga. Nah, keterampilan sosial sendiri mengacu pada keterampilan komunikasi yang memungkinkan seseorang berinteraksi secara efektif dengan orang lain, termasuk dalam penggunaan teknologi dalam berkomunikasi.

Namun, periset mengatakan, penggunaan teknologi seperti texting menjadi salah satu hambatan terbesar untuk mengembangkan keterampilan sosial di kalangan anak muda saat ini.

"Kami telah lama mengetahui bahwa keterampilan sosial dikaitkan dengan masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan," kata Chrin Segrin, profesor di Universitas Arizona, demikian dikutip dari Indian Express.

Baca juga: Susah Komunikasi? Bisa Jadi Fungsi Telinga Terganggu Karena Earphone

"Tapi tidak diketahui secara pasti bahwa keterampilan sosial juga memprediksi kesehatan fisik yang buruk. Akan tetapi, kesepian dan stres tampak berkaitan dengan keterampilan sosial yang buruk terhadap kesehatan," tambah Segrin.

Untuk keperluan penelitian ini, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Health Communication mempelajari lebih dari 775 orang dengan usia antara 18 sampai 91 tahun, kemudian mereka diberi kuesioner untuk mengatasi keterampilan sosial hingga kesehatan mental serta fisik mereka.

Hasilnya ditemukan bahwa peserta yang mengalami defisit dalam keterampilan komunikasi dilaporkan mengalami lebih banyak stres, kesepian, dan kesehatan mental dan fisik yang buruk. Seperti diketahui stres membawa efek negatif pada kesehatan. Ini sama seriusnya dengan risiko merokok, obesitas atau makan makanan tinggi lemak dan kurangnya berolahraga.

Baca juga: Gangguan Perilaku Bisa Jadi Penyebab Masalah Komunikasi Pasutri(hrn/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit