detikhealth

Waspada! Menemukan Tanda Ini Bisa Jadi Itu Tanda Kolesterol Meningkat

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kamis, 09/11/2017 11:03 WIB
Waspada! Menemukan Tanda Ini Bisa Jadi Itu Tanda Kolesterol MeningkatJika menemukan tanda-tanda ini, bisa jadi itu menandakan kolesterol meningkat. Foto: Thinkstock
Jakarta, Kolesterol memang dikenal bisa membahayakan nyawa seseorang. Karena semakin tinggi kolesterol jahat atau low-density Lipoprotein (LDL), maka semakin tinggi risiko terkena terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke jantung dan kaki.

Penyumbatan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke kaki atau disebut penyakit arteri perifer (PAD) ini bisa dideteksi dengan beberapa tanda di kaki. Tanda ini pun bisa kita jadikan sebagai alarm yang memberitahukan bahwa kolesterol meningkat.

1. Sakit di tungkai kaki

Gejala PAD dan meningkatnya kolesterol salah satunya adalah klaudikasio, yaitu rasa sakit atau kram di tungkai bawah akibat kurangnya aliran darah ke otot-otot.

"Karena arteri tersumbat, mereka tidak bisa mengantarkan cukup darah ke kaki untuk menstabilkan tenaga. Beberapa orang mengatakan kaki mereka merasa berat atau lelah, atau mereka melaporkan rasa sakit yang terbakar," ujar terapis, David Slovut, MD, dikutip dari health.com.

Baca juga: Punya Kolesterol Tinggi? Hindari 5 Makanan Lezat Ini

2. Kram saat malam

Biasanya orang yang memiliki kolesterol tinggi bisa terjadi kram di bagian tumit, jari-jari kaki, atau bagian kaki yang lain. Ini dikarenakan aliran darah ke kaki terhambat.

"Rasa sakit itu bisa hilang saat kaki diturunkan dari tempat tidur atau kursi, mungkin gravitasi membantu aliran darah ke kaki," kata dokter spesialis bedah vaskular dan endovaskular di Rumah Sakit Presbyterian New York, Darren Schneider, MD.

3. Perubahan kulit dan kuku

Karena kaki tidak dapat menerima aliran darah yang normal, ini bisa membuat rambut-rambut di kaki rontok dan tumbuh dengan lambat. Selain itu juga dapat membuat kuku kaki menebal.

4. Kaki terasa dingin

Salah satu gejala PAD adalah kaki terasa dingin ketika disentuh, ini juga bisa jadi mengindikasikan kolesterol meningkat. Tidak normalnya aliran darah membuat panas tubuh tidak ada di bagian kaki.

Baca juga: 8 Makanan yang Tak Terduga Ternyata Tinggi Kolesterol

5. Disfungsi ereksi

Saat kolesterol meningkat, arteri iliaka internal yang menyediakan suplai darah untuk ereksi tersumbat. Ini lah yang menyebabkan terjadinya disfungsi ereksi.

6. Mati rasa dan lemah

Tidak hanya ketika olahraga, saat berjalan pun orang dengan kolesterol tinggi dan mengidap PAD akan merasa mati rasa dan lemah pada kakinya. Tanda ini kerap diabaikan, kebanyakan orang berpikir bahwa ini adalah hal yang biasa terjadi ketika sedang mengalami kelelahan.(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit