detikhealth

Video 'Potongan Kanker' Jauhi Bawang, Dokter Sebut Tidak Masuk Akal

Azmy Cahya Ramadhaniar - detikHealth
Kamis, 09/11/2017 14:20 WIB
Video Potongan Kanker Jauhi Bawang, Dokter Sebut Tidak Masuk AkalFoto: Viral
Jakarta, Sebuah video menunjukkan benda semi padat berwarna hitam, yang menjauh ketika didekatkan dengan bawang putih. Dalam broadcast yang beredar, disebutkan benda tersebut adalah potongan kanker.

Selain menampilkan eksperimen dengan bawang putih, video berdurasi 1,5 menit tersebut juga menampilkan eksperimen dengan cincin emas. Tampak benda berwarha hitam lembek tersebut mendekati cincin emas.

"Itu artinya kalau emas bisa memicu kanker apalagi klu sdh menopause jgn terlalu sering pakai emas bisa memicu timbulnya alzhaimer makanya laki2 diusahakan jgn pakai emas karena laki2 kan tdk haid kalau perempuan yg haid zat besinya keluar bersamaan haidnya," demikian penggalan broadcast yang beredar.

Ahli penyakit dalam dari RS Hermina Grandwisata, dr Annisa SpPD menyebut kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh multifaktor. Ada banyak faktor yang berpengaruh sehingga tidak bisa disimpulkan bahwa emas memicu kanker, hanya dengan eksperimen sesederhana itu.

"Secara medis tidak ya tidak masuk akal," kata dr Annisa, ditemui detikHealth di Penang Bistro Pakubuwono, Jakarta Selatan, Kamis (9/11/2017).

Baca juga: Nasi Dikepal Bisa Membal, Tandanya Mengandung Plastik? Ini Kata BPOM

Beberapa jenis kanker, menurut dr Annisa memiliki penyebab tertentu. Misalnya kanker payudara dipengaruhi faktor genetik, dan kanker paru yang juga dipicu oleh rokok. Itu pun masih dipengaruhi oleh faktor lain seperti gaya hidup, mialnya kebiasaan makan dan olahraga.

"Tapi memang beberapa zat kimia yang masuk ke dalam tubuh kita itu bisa mengakibatkan kanker. Tapi kan emas tidak terserap ke dalam tubuh. Kalau masuk ke dalam, apapun itu kalau kimia atau logam bisa berbahaya," tandasnya.

Baca juga: Heboh Video 'Potongan Kanker' Menjauhi Bawang Putih, Ini Kata Dokter

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit