detikhealth

Inilah Waktu Terbaik Untuk Minum Vitamin Agar Diserap dengan Baik

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Jumat, 10/11/2017 11:07 WIB
Inilah Waktu Terbaik Untuk Minum Vitamin Agar Diserap dengan BaikMinumlah tablet vitamin di waktu yang tepat agar mudah diserap oleh tubuh. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Ada banyak jenis vitamin yang bisa Anda konsumsi dalam bentuk produk olahan seperti tablet atau sirup. Ternyata, agar penyerapan vitamin oleh tubuh dapat lebih maksimal ada waktu-waktu baik tertentu yang mulai harus Anda perhatikan.

Menurut seorang naturopath, Katie Bieshaar dari Swisse menyebutkan bahwa tiap vitamin memiliki waktu yang sama dalam hal penyerapan secara maksimal. Dijelaskan olehnya, sebaiknya Anda mengonsumsi vitamin ketika sedang pagi hari. Alasannya?

"Sesuatu seperti vitamin B atau multivitamin yang Anda ingin minum sebaiknya pagi-pagi saat sarapan. Ini dapat membantu penyerapan dan mencegah segala efek samping," katanya seperti dikutip dari Body+Souls, Jumat (10/11/2017).

Baca juga: Cuaca Mendung Terus Bisa Bikin Kekurangan Vitamin D, Ini Solusinya

Meskipun begitu, Bieshaar tidak begitu menganjurkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin dengan minuman yang kerap jadi sahabat saat pagi hari, kopi. Hal ini lantaran kopi justru bisa mengacaukan proses penyerapan berbagai mineral.

Jika memang dokter memberikan Anda tambahan vitamin yang harus Anda konsumsi setiap harinya sebaiknya turuti kata dokter. Agar tidak lupa untuk meminumnya, Bieshaar membagikan tipsnya agar selalu sempat mengambil vitaminnya setiap hari. Caranya adalah dengan meletakannya di tempat yang paling sering Anda lihat ketika pagi hari.

"Kalau saya meletakkannya di atas meja, Anda bisa meletakkannya di sebelah tempat minum atau sikat gigi. Ini adalah kunci untuk membuatnya menjadi terikat dengan kebiasaan sehari-hari yang Anda miliki," pungkasnya.

Baca juga: 3 Nutrisi Penting yang Harus Terpenuhi Setiap Hari

(ask/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit