detikhealth

Berbagai Kehebohan akibat Benzo, Obat Penenang Paling Banyak Disalahgunakan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 10/11/2017 12:13 WIB
Berbagai Kehebohan akibat Benzo, Obat Penenang Paling Banyak DisalahgunakanKlinik yang menjadi lokasi penembakan terhadap dr Letty (Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta, Pelaku penembakan terhadap istri sendiri, dr Ryan Helmi menjalani tes urine dan hasilnya positif ditemukan benzodiazepin. Jenis obat penenang ini salah satu yang paling banyak disalahgunakan.

Obat golongan benzodiazepin memiliki jenis yang cukup banyak, di antaranya adalah alprazolam, nitrazepam, serta diazepam. Biasa dipakai untuk mengatasi gangguan kegelisahan, gangguan tidur, dan ketergantungan alkohol. Karena efeknya menenangkan, obat ini sering disalahgunakan.

Efek penyalahgunaan benzodiazepine beragam, mulai dari pusing hingga kesulitan bernapas. Pada kondisi ketergantungan kronis, penyalahgunaan obat ini bisa memicu depresi dan bahkan perubahan perilaku.

Baca juga: Penyalahgunaan Obat Penenang Benzodiazepine Paling Rentan Dilakukan Remaja

1. Bugil di tempat umum

Selain dalam kasus penembakan dr Letty, hasil tes urine positif benzodiazepin juga ditemukan dalam beberapa kasus yang menghebohkan media. Pertengahan tahun silam, VM, seorang perempuan berbelanja di minimarket dalam kondisi nyaris bugil di bawah pengaruh benzodiazepin.

"Dia halusinasi, katanya ada yang nuntun ke sana," kata Kanit Reskrim Polsek Taman Sari Kompol Bintoro, ketika itu.

Baca juga: Mengenal Benzodiazepin yang Bikin VM Halusinasi Sampai Nyaris Bugil

Seorang perempuan nyaris telanjang saat berbelanja Tamansari Jakarta Barat. Tes urine menunjukkan ia mengonsumsi obat penenang benzodiazepin.Seorang perempuan nyaris telanjang saat berbelanja Tamansari Jakarta Barat. Tes urine menunjukkan ia mengonsumsi obat penenang benzodiazepin. Foto: Screenshot dari video yang beredar


2. Terciduk polisi

Selain itu, aktor Tora Sudiro juga pernah diciduk polisi atas kepemilikan obat Dumolid. Obat yang dikonsumsi Tora untuk mengatasi gangguan tidur ini memiliki kandungan nitrazepam, salah satu jenis obat golongan benzodiazepin.

Baca juga: Fakta-fakta Dumolid, Obat Penenang yang Menjerat Tora Sudiro

Aktor Tora Sudiro pernah digelandang polisi atas kepemilikan benzodiazepin jenis nitrazepam.Aktor Tora Sudiro pernah digelandang polisi atas kepemilikan benzodiazepin jenis nitrazepam. Foto: Asep Syaifullah


3. Gangguan bipolar

Artis cantik Marshanda juga mengaku minum Xanax, obat penenang golongan benzodiazepin dengan kandungan alprazolam. Obat ini digunakan oleh mantan istri Ben Kasyafani tersebut untuk mengatasi gangguan tidur. Marshanda juga dikenal sebagai pengidap gangguan bipolar.

Marshanda, artis cantik pengidap gangguan bipolar juga mengaku minim benzodiazepin jenis alprazolam.Marshanda, artis cantik pengidap gangguan bipolar juga mengaku minim benzodiazepin jenis alprazolam. Foto: Palevi


Baca juga: Diminum Marshanda Saat Susah Tidur, Xanax Sebenarnya Obat Penenang

(up/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit