detikhealth

Ini Efek Terparah dari Penyalahgunaan Benzodiazepin

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Jumat, 10/11/2017 14:05 WIB
Ini Efek Terparah dari Penyalahgunaan BenzodiazepinFoto: thinkstock
Jakarta, Polisi telah melakukan tes urine terhadap dr Ryan Helmi (41), suami yang menembak mati istrinya, dr Letty Sultri (46). Urine Helmi dinyatakan positif mengandung benzodiazephine.

"Hasil tes urinenya positif benzo. Untuk jenis obatnya masih kami dalami," kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Nico Afinta kepada detikcom, Jumat (10/11/2017). Namun, kepada polisi, dr Helmi mengakui tengah mengonsumsi obat Alganax yang di dalamnya memang terkandung benzodiazepin.

Benzodiazepin merupakan jenis obat penenang. Obat ini lazim digunakan oleh pasien gangguan kejiwaan yang mengalami gangguan kecemasan, gangguan panik, kejang-kejang dan insomnia. Jika digunakan dalam dosis yang tepat, obat ini sebenarnya tidak akan memberikan efek halusinasi pada penggunanya.

Baca juga: Ragam Efek Samping Penyalahgunaan Obat Penenang Benzodiazepine

"Penggunaan benzodiazepine saja menurut kepustakaan tidak menyebabkan penggunanya mengalami halusinasi. Saat memakainya akan menimbulkan rasa nyaman, dan beberapa mempunyai efek mengantuk," dr Tribowo T Ginting, SpKJ (K), dari RSUP Persahabatan Jakarta, kepada detikHealth.

Namun, jika orang yang menggunakannya sudah mengalami ketergantungan, dr Bowo menjelaskan hal ini bisa mengarah pada timbul efek kecemasan kembali, iritabilitas, insomnia, dan lainnya.

Efek terparah dari penyalahgunaan zat ini masih menurut dr Bowo adalah delirium, atau keadaan di mana penggunanya mengalami penurunan kemampuan dalam memusatkan perhatiannya, linglung, mengalami disorientasi dan tidak mampu berpikir secara jernih.

Selain itu, mungkin saja muncul depresi pernapasan bila dipakai secara berlebihan yang tentunya akan mengancam keselamatan jiwa orang yang menyalahgunakan zat benzodiazepine.

Baca juga: Penyalahgunaan Obat Penenang Benzodiazepine Paling Rentan Dilakukan Remaja

(ask/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit