detikhealth

Suku Bodi Minum Darah Demi Mendapatkan Tubuh Besar dan Perut Buncit

Firdaus Anwar - detikHealth
Jumat, 10/11/2017 15:35 WIB
Suku Bodi Minum Darah Demi Mendapatkan Tubuh Besar dan Perut BuncitBagi sebagian besar orang perut buncit dianggap tidak menarik, tapi bagi suku Bodi justru sebaliknya. (Foto: Instagram/phcitytraffic)
Jakarta, Dilihat dari sisi kesehatan memiliki tubuh yang gemuk dengan perut buncit bukanlah sesuatu yang baik. Ada risiko untuk terjadinya berbagai macam komplikasi kondisi mulai dari hipertensi, diabetes, hingga stroke.

Namun demikian bagi suku Bodi di Ethiopia tubuh gemuk dan perut buncit justru dianggap sebagai sesuatu yang seksi. Bahkan ada upacara adat sendiri di mana para pria suku Bodi berlomba-lomba menggemukkan diri dengan meminum ramuan campuran darah dan susu sapi.

Meminum darah sendiri bisa dibilang aktivitas berbahaya karena di dalamnya bisa terdapat berbagai macam mikroba penyakit atau partikel beracun. Oleh karena itu atas perjuangannya pria yang menggemukkan diri ini sering dianggap sebagai pahlawan.

Ramuan darah susu sapi yang diminum pria suku Bodi untuk menggemukkan diri.Ramuan darah susu sapi yang diminum pria suku Bodi untuk menggemukkan diri. (Foto: Instagram/phcitytraffic)


Baca juga: Gara-gara Minum Darah Babi, Otak Seorang Pemuda Jadi 'Sarang' Cacing Pita

Pada upacara tahunan Ka'el, pria yang sudah enam bulan menggemukkan diri berkumpul untuk menunjukkan fisik mereka. Mereka harus berjalan kaki ke tempat sakral dari rumahnya dan ini bisa menjadi tantangan tersendiri dengan tubuh yang gemuk.

"Beberapa pria tersebut bahkan sudah tidak bisa berjalan lagi," kata Eric Lafforgue, seorang juru foto dari Perancis yang sempat menghabiskan waktu bersama suku Bodi.

"Ada satu orang yang meminta tolong apakah dia dapat meminjam mobil saya untuk mengantarnya ke tempat upcara. Saat sudah di dalam mobil dia kembali mulai minum susu dan darah, katanya ingin tetap berusaha untuk menjadi yang tergemuk sampai detik terakhir," lanjut Eric seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (10/11/2017).

Setelah berkumpul di tempat upacara penjurian akan dimulai dan pria dengan tubuh tergemuk dinobatkan sebagai pemenang. Tidak ada hadiah yang diberikan hanya perhatian di antara mata para wanita suku Bodi.

Baca juga: Akhir Cerita Mantan Perempuan Tergemuk di Dunia

(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit