detikhealth

Tetap Pede Ikut Kontes Kecantikan Meski Bertubuh Bengkok

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Jumat, 10/11/2017 18:42 WIB
Tetap Pede Ikut Kontes Kecantikan Meski Bertubuh BengkokMadeline, model bertubuh bengkok yang pede ikut kontes kecantikan. Foto: Instagram/crooked_loves
Jakarta, Para perempuan yang ambil bagian dalam sebuah kontes kecantikan tak hanya identik dengan cantik tetapi juga bertubuh sempurna. Namun ketidaksempurnaan tak menyurutkan langkah perempuan yang satu ini.

Ialah Madeline Irwin, gadis yang terlahir dalam kondisi bernama 'arthrogryposis multiplex congenita'. Kondisi ini membuat sendi tubuhnya membengkok disertai dengan pelemahan otot.

Pada kasus Madeline, kondisi itu menyebabkan sebagian lengan, jari-jari tangan, kaki dan punggungnya membengkok atau skoliosis yang buruk.

Namun Madeline membuktikan ia bukanlah perempuan biasa dengan ambil bagian dalam sebuah kontes kecantikan, Miss Washington AS.

Tak menang bukan persoalan bagi Madeline. Di depan juri kontes kecantikan yang diikutinya, Madeline mengatakan ini adalah mimpinya untuk bisa memberikan advokasi kepada para difabel. Dan keikutsertaannya dalam ajang tersebut seakan-akan menjadi jawaban bahwa ia sedang menuju kesana.

"Saya tahu saya ingin mengadvokasi orang-orang dengan disabilitas seperti saya," katanya kepada People.

Madeline mengaku penghalangnya hanyalah satu, ia butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa menerima dirinya sekarang. Awalnya ia malah enggan disebut difabel karena ia memang berbeda dengan penyandang disabilitas lainnya. Ini tak lain karena Madeline tidak mengenakan kursi roda.

Namun belakangan Madeline menyadari bahwa kata itu bisa ia pergunakan untuk menyemangati dirinya sendiri maupun orang lain yang senasib dengannya.

Untuk itu lewat ajang ini Madeline ingin berbicara tentang kondisinya sekaligus menghapuskan stigma yang kerap menghantui mereka yang memiliki keterbatasan fisik seperti dirinya.

Baca juga: Gadis Ini Tampil di Ajang Kecantikan untuk Kenalkan Penyakit Langka

Seumur hidupnya, Madeline juga sudah keluar masuk ruang operasi, terutama untuk mengatasi kecacatan pada tangan, kaki dan punggungnya. Tindakan operasi yang pernah dilakoninya antara lain pemasangan sejumlah skrup di punggungnya saat berumur 12 tahun. Bahkan saat masih bayi, kedua kakinya dipasangi pen untuk memperbaiki telapak kakinya yang menekuk.

Usaha ini pun tak sia-sia karena setidaknya saat ini mahasiswa jurusan psikologi di University of Washington itu masih bisa beraktivitas seperti orang kebanyakan tanpa memerlukan alat bantu.

Madeline pun mengukir sejarah dengan menjadi kontestan Miss Washington AS pertama yang juga seorang difabel.

Sebagian besar kasus AMC sendiri terjadi sejak masih dalam kandungan, semisal karena perkembangan otot yang tidak normal atau kecacatan pada sistem saraf pusat. Sejauh ini penanganan pada pasien AMC sebatas pada terapi fisik untuk mencegah kondisi ototnya memburuk.

Baca juga: Juarai Kontes Kecantikan di AS, Gadis Ini Tetap Pede Pakai Pompa Insulin

Madeline percaya diri ikuti Miss Washington AS dengan kondisinya.Madeline percaya diri ikuti Miss Washington AS dengan kondisinya. Foto: Instagram/crooked_loves
(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit