detikhealth

Hal-hal Simpel Seputar Makanan yang Sering Bikin Tersedak

Erika Kurnia - detikHealth
Jumat, 10/11/2017 20:00 WIB
Hal-hal Simpel Seputar Makanan yang Sering Bikin TersedakTersedak makanan sering terjadi karena cara makan yang salah. Foto: Ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Selain karena mengobrol saat makan, asal-asalan saat makan sering jadi penyebab tersedak pada orang dewasa. Meski puluhan tahun terbiasa makan makanan padat, orang dewasa tidak lepas dari risiko tersedak, bahkan yang lebih buruk dari itu.

Menurut lembaga National Safety Council, tersedak menjadi tiga teratas penyebab kematian di rumah tangga warga Amerika. Penyebabnya mungkin sepele, yaitu tersedak makanan yang tidak dimakan dengan baik.

"Anda harus pastikan Anda mengunyah makanan dengan benar dan tidak menelan makanan dalam potongan besar. Pastikan juga Anda menyediakan air untuk diminum agar makanan bisa mudah ditelan," kata Joan Salge Blake, RD, profesor nutrisi klinis di Boston University.

Baca juga: Agar Tersedak Tak Berakibat Fatal, Yuk Belajar Penanganannya

Seperti dilansir dari Huffingtonpost, Jumat (10/11/2017), berikut bagaimana makanan bisa memicu risiko tersedak:

1. Ukuran asli makanan
Beberapa makanan menjadi problematik karena ukurannya. Makanan yang memiliki diameter tertentu bisa tersangkut di tenggorokan dan menghalangi saluran napas. Makanan seperti sosis, anggur, wortel harus dikunyah dengan baik agar tidak langsung tertelan dan menyebabkan tersedak.

2. Tekstur bermasalah
Tekstur makanan tertentu bisa berbahaya, terutama jika mereka kenyal, kering, atau kental. Makanan dengan tekstur semacam itu tidak mudah hancur sehingga memerlukan gigitan dan cairan ekstra agar bisa dicerna dengan baik dimulut.

3. Gigitan terlalu besar
Ketika lapar atau lelah, Anda mungkin menggigit makanan terlalu besar tanpa menyadarinya. Tak jarang juga orang melahap makanan dalam gigitan besar ini sebagai tantangan atau lawakan. Sebaiknya jangan lakukan ini. Gigit makanan dalam ukuran wajar yang bisa masuk ke dalam mulut Anda dan mudah dikunyah.(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit