detikhealth

Dampak Psikis Istri yang Sering Mengalami KDRT

Azmy Cahya Ramadhaniar - detikHealth
Sabtu, 11/11/2017 09:05 WIB
Dampak Psikis Istri yang Sering Mengalami KDRTFoto: dok detikcom
Jakarta, Pembunuhan seorang istri oleh dokter di sebuah klinik beberapa waktu lalu dikaitkan juga dengan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Psikolog menjelaskan, KDRT bisa berdampak sangat buruk pada korbannya.

Pasal 7 UU Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga (UU P-KDRT), menyebut kekerasan psikis sebagai perbuatan yang mengakibatkan ketakutan, hilangnya rasa percaya diri, hilangnya kemampuan untuk bertindak, rasa tidak berdaya, dan/atau penderitaan psikis berat pada seseorang.

Sementara itu, menurut psikolog, dampak dari KDRT pada korbannya bisa berakibat pada masalah kejiwaan sampai kematian.

"Gangguan psikis kalau dilihat secara fisik, misal penyakit fisik, kecacatan bahkan sampai kematian. Kalau dilihat secara kejiwaan, bisa menimbulkan trauma, depresi, gangguan panik, psikosomatis atau susah tidur (insomnia)," tutur psikolog yang berpraktik di Klinik Daksa, Intan Erlita M.Psi kepada detikHealth.

Baca Juga: Bisakah Mengenali Ciri Pelaku KDRT Seperti yang Dilakukan dr Helmi?

Menurut Intan, rasa trauma, ketakutan dan minder akan muncul pada istri yang kerap mendapatkan perlakuan KDRT. Bukan cuma istri tapi juga anak-anak korban yang terkena efek psikologisnya dan ini akan memperpanjang deretan "korban" KDRT dalam satu keluarga. Untuk itu, korban dan keluarga yang mengalami KDRT harus senantiasa diberi pendampingan.

"Harus di lihat dari dampak yang timbul dari istri seberapa besar dari KDRT itu, yang pasti harus mendapatkan support atau dukungan dari keluarga terdekat dan lingkungan. Tapi ada beberapa kasus yang cukup berat sampai meninggalkan trauma di butuhkan bantuan dari ahlinya seperti psikolog, psikiater, pemuka agama, dan sebagainya. Kalau pelaku KDRT orang terdekat (suami misalnya) dan tingkat/level KDRT-nya meningkat di sarankan harus melapor ke polisi untuk mendapatkan perlindungan, jangan sampai nyawa jadi taruhannya," tambah Intan.

Baca Juga: dr Letty Ditembak Suami, Ini yang Harus Diketahui Tentang KDRT

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit