detikhealth

Cerita dari Kampung Kusta

Sabarnya Ibu Ini Merawat Suami yang Mengidap Kusta

Erika Kurnia - detikHealth
Sabtu, 11/11/2017 10:23 WIB
Sabarnya Ibu Ini Merawat Suami yang Mengidap KustaFoto: Thinkstock
Jakarta, Selain berinisiatif mencari pengobatan kusta untuk kesembuhan sang suami, langkah pencegahan penularan infeksi juga dilakukan dengan telaten oleh Mpok Rohila di rumahnya, yang berada di lingkungan Kampung Kusta.

Kampung Kusta yang menjadi sebutan bagi daerah di RT06/02 Jatibening Baru, Bekasi. Ini disebabkan oleh tingginya tingkat kasus kusta di tempat tersebut menurut data dinas kesehatan setempat.

Mpok Rohila adalah istri dari Ghofur, seorang mantan pengidap kusta yang telah menjalani pengobatan beberapa tahun silam. Menurutnya, hidup bersama penderita kusta memang perlu ketelatenan agar tidak menular.

"Kalau kusta itu kan bisa menular dari cairan ya. Waktu lagi parah-parahnya suka ada cairan lengket gitu di bantal, seprei, kerah bajunya. Sejak itu semua dipisah. Bapaknya sadar, begitu juga anak-anak," tuturnya.

Selain memisahkan tempat tidur, ia juga memisahkan cara penanganan barang-barang pribadi milik sang suami dan keluarga. Mulai dari tempat makan dan minum, pakaian, dan lain-lain.

"Dari piring, gelas, tempat sabun, ember tempat cuci baju semua serba pisah. Pas penyakitnya tambah parah, untuk cuci bajunya saya seduh air panas dan masukin bajunya ke sana supaya kuman-kumannya mati. Baru abis itu bilas di ember yang terpisah juga," papar nenek dari 9 cucu tersebut.

Baca juga: Mengunjungi Kampung Kusta di Pinggiran Jakarta

Menurutnya, inisiatif tersebut sangat penting untuk mencegah penularan kusta sang suami yang tergolong basah. Sayangnya hal ini tidak dilakukan keluarga tetangganya, hingga penyakit infeksi oleh Mycobacterium leprae mudah menular.

"Kalau tetangga kasihan. Yang sekarang masih sakit karena ditularin mertuanya itu satu rumah. Baju dicampurin aja, enggak dipisah tempat tidurnya, satu bantal, satu seprei," imbuh Mpok Rohila.

Selain mengusahakan pencegahan penyakit dengan cara tersebut, Mpok Rohila juga mendukung kesembuhan sang suami dengan mengantarkannya ke fasilitas kesehatan yang tepat hingga akhirnya dinyatakan sembuh total.

"Alhamdulillah sekarang sudah sembuh total. Dia mulai aktif kerja lagi, seperti sekarang nih ngojek. Terus dia mulai rajin olahraga, pagi-pagi mandi air anget, berjemur, terus main sepeda," pungkasnya.

Baca juga: Berbagai Upaya Sembuh dari Kusta, Abon Monyet hingga Salep Ular Kobra

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit