detikhealth

Pesan Jusuf Kalla di HKN 2017: Jaga Kesehatan dengan Biasakan Hidup Sehat

Azmy Cahya Ramadhani - detikHealth
Minggu, 12/11/2017 18:07 WIB
Pesan Jusuf Kalla di HKN 2017: Jaga Kesehatan dengan Biasakan Hidup SehatWakil Presiden Jusuf Kalla tekankan gaya hidup sehat untuk tekan angka kesakitan. Foto: Rina Atriana-detikcom
Jakarta, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) tampak hadir dalam acara puncak Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-53 di Bundaran Hotel Indonesia, Minggu (12/11/2017). Dalam sambutannya, ia mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan teratur.

JK juga menyampaikan kepada masyarakat untuk menyehatkan tubuh harus banyak bergerak, olahraga, dan makan sehat.

Baca juga: Rayakan Hari Kesehatan Nasional, Menkes Senam Bareng di CFD

Menurut wakil presiden, rumah sakit adalah benteng terakhir untuk upaya yang sudah dilakukan. Hal paling utama adalah kebiasaan yang harus dijalankan seperti aktif bergerak seperti dengan rajin jalan kaki. Olahraga bagian yang sangat penting dari hidup sehat sebelum mendapatkan obat.

"Obat itu penting, tapi berolahraga merupakan kebiasaan sehat, tidak merokok, merupakan upaya kesehatan yang murah," ungkap JK.

Menurutnya, negara yang baik adalah negara yang masyarakatnya jarang ke rumah sakit. "Negara yang baik, yakni negara yang sehat. Rumah sakit baik, tapi sepi penghuninya, karena rakyatnya sehat."

Lebih lanjut JK menyinggung masalah dana jaminan kesehatan yang terus defisit setiap tahun dan kini angkanya diperkirakan mencapai sekitar Rp 9 triliun. Bila saja lebih banyak masyarakat yang bisa menjaga kesehatannya maka hal tersebut mungkin bisa dihindari.

"Jaga terus kesehatan dengan membiasakan hidup sehat, istirahat cukup, makan buah sayur, ikan dan berolah raga. Jangan sampai masuk rumah sakit, karena masuk rumah sakit itu upaya terakhir. Saya berharap masyarakat melakukan deteksi dini dengan memeriksakan kesehatannya," pungkas JK.

Baca juga: Tiga Prinsip Gaya Hidup Sehat Ala Kementerian Kesehatan

(fds/fds)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit