detikhealth

Pedoman Tekanan Darah Berubah, 130 Sudah Dikategorikan Hipertensi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 14/11/2017 10:55 WIB
Pedoman Tekanan Darah Berubah, 130 Sudah Dikategorikan HipertensiFoto: Thinkstock
Jakarta, Sebuah pedoman terbaru dikeluarkan oleh American Heart Association (AHA) dan American College of Cardiology (ACC). Kini, 130 mmHg sudah dikategorikan sebagai tekanan darah tinggi.

Pedoman terbaru tersebut mendefinisikan tekanan darah tinggi sebesar 130 mmHg atau lebih untuk sistolik, dan 80 mmHg atau lebih untuk diastolik. Angka ini diturunkan dari pedoman sebelumnya yang menyebut angka 140 mmHg (sistolik) dan 90 mmHg (diastolik) untuk hipertensi.

Dengan definisi baru tersebut, berarti jumlah pengidap hipertensi mengalami peningkatan. Di Amerika Serikat, angkanya meningkat dari 32 persen menjadi 46 persen. Ini berarti hampir separuh orang dewasa mengalami hipertensi.

Baca juga: Tips Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Dikutip dari Livescience, rekomendasi untuk mereka yang masuk kategori tersebut adalah modifikasi gaya hidup, seperti menurunkan berat badan dan mengubah pola makan. Olahraga secara teratur juga dianjurkan untuk mengontrol tekanan darah.

Dalam pedoman baru ini juga ditambahkan beberapa kategori baru. Di antaranya 'elevated', hipertensi stage 1 dan 2, dan 'hypertensive crisis'. Sedangkan tekanan darah normal menurut pedoman baru tersebut adalah 120 mmHg (sistolik) dan 80 mmHg (diastolik).

Baca juga: Waspada, Ini 7 Ciri Hipertensi

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit