detikhealth

Hindari Mag Buat yang Sibuk Bekerja

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 14/11/2017 14:05 WIB
Hindari Mag Buat yang Sibuk BekerjaSibuk kerja sampai stres dan lupa makan memicu munculnya sakit mag/Foto: Getty Images
Jakarta, Tenggelam dalam pekerjaan membuat seseorang melupakan banyak hal, termasuk lupa makan. Bukan sekali dua kali saja lupa makan tapi sering. Apalagi jika makanan yang dimakan ala kadarnya saja, yang penting ada asupan. Nah, biasanya hal seperti itulah yang bisa memicu mag. Lalu, bagaimana agar mag tidak menyerang meski sibuk bekerja?

Menanggapi hal ini, dokter spesialis penyakit dalam, dr Muhammad Anshory, SpPD atau yang akrab disapa dr Anshory, mengatakan bahwa pola makan dan gaya hidup memang berperan penting dalam munculnya penyakit mag. Ketika terlalu sibuk bekerja dan lupa makan, pada akhirnya memilih kopi ataupun fast food sebagai alternatif. Padahal sebenarnya itu tidak sehat.

Baca juga: Makanan dan Minuman yang Harus Dipantang oleh Si Penderita Mag

"Untuk menyiasati hal ini mungkin selalu sediakan cemilan sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, dan minuman yang tidak memicu munculnya gejala maag seperti kopi, teh, soda," anjur dr Anshory saat dihubungi detikHealth.

dr Anshory menambahkan, ketika seseorang sibuk bekerja pasti akan dilanda stres. Nah stres ini juga ditengarai berkontribusi munculnya sakit mag. Pada kondisi stres terjadi peningkatan hormon-hormon stres yang berhubungan dengan proses radang, hal ini mempengaruhi kerja lambung.

"Hal ini menurunkan motilitas (pergerakan) lambung dan meningkatkan produksi asam lambung sehingga menyebabkan munculnya gejala-gejala dispepsia," terang dr Anshory.

Baca juga: Tips Mengatasi Mag Tanpa Minum Obat(hrn/hrn)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit