detikhealth

4 Hal yang Memicu Tumbuhnya Jerawat di Punggung

Erika Kurnia - detikHealth
Selasa, 14/11/2017 18:06 WIB
4 Hal yang Memicu Tumbuhnya Jerawat di PunggungWalaupun tak terlihat, jerawat di punggung benar-benar mengganggu. Jika ini terjadi, Anda harus mencari tahu penyebabnya agar tak berulang. Foto: thinkstock
Jakarta, Walaupun tak terlihat, jerawat di punggung benar-benar mengganggu. Jika ini terjadi, Anda harus mencari tahu penyebabnya agar tak berulang.

Pada beberapa kasus, kulit punggung dan dada yang lebih tebal adalah faktor bawaan yang meningkatkan risiko jerawat di tubuh. Tapi, kebanyakan dari pemicu jerawat ini adalah karena faktor eksternal yang bisa Anda curigai, seperti berikut ini:

1. Kontaminasi keringat dan minyak
Keringat yang keluar dari tubuh bisa menjadi masalah jika bercampur dengan minyak dan racun di permukaan kulit, yang bisa didapat dari polusi atau kotoran. Kombinasi ini akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu jerawat. Untuk itu, jangan lupa mandi setelah beraktivitas, sekalipun tubuh tidak lagi berkeringat.

Baca juga: Cara Mandi Seperti Kendall Jenner Ini Bisa Bikin Punggung Jerawatan, Hii!

2. Pakaian
Tidak selalu karena pakaian kotor, mengenakan pakaian yang ketat dan sulit bernafas bisa memicu iritasi yang berakhir menjadi jerawat. Selain selalu mengenakan pakaian yang nyaman, Anda juga perlu rajin membersihkan bagian punggung setiap hari untuk mencegah dan mengobati jerawat.

3. Gesekan dengan benda
Dilansir dari Livestrong, Selasa (14/11/2017), jerawat bisa dipicu suatu gaya mekanik yang memicu iritasi. Gesekan dengan benda yang sering mengenai tubuh, seperti ransel atau sandaran kursi, bisa jadi pemicu jerawat di punggung. Jerawat karena alasan ini bisa diperparah oleh kelembaban juga.

4. Seprei kotor
Seprei atau alas tidur lainnya yang selalu bersentuhan dengan kulit Anda dapat menyerap minyak dan kotoran dari kulit Anda. Jika tidak sering diganti, ini bisa menjadi boomerang bagi kulit Anda. Bakteri akan mudah berkembang biak dan memicu masalah kulit, seperti jerawat yang pastinya tidak Anda harapkan.

Baca juga: Sudah 10 Tahun Wajah Hingga Punggung Ditumbuhi Jerawat, Ada Kelainan?

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit