detikhealth

Catat! Jenis Penyakit Seperti Ini Tidak Perlu Antibiotik

Azmy Cahya Ramadhaniar - detikHealth
Selasa, 14/11/2017 20:06 WIB
Catat! Jenis Penyakit Seperti Ini Tidak Perlu AntibiotikBeberapa penyakit tidak perlu diobati dengan antibiotik. Mereka adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, bukan bakteri. Foto: Getty Images
Jakarta, Pada dasarnya, antibiotik adalah obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Tetapi sampai saat ini masih ada kesalahpahaman terhadap penggunaan antibiotik.

Beberapa penyakit tidak perlu menggunakan antibiotik, karena penyakit tersebut disebabkan oleh virus bukan bakteri. Jika tetap dipaksakan untuk minum antibiotik maka akan menyebabkan terjadinya resistensi antibiotik karena penggunaannya yang tidak sesuai.

Minum antibiotik saat sakit panas, batuk, flu, pasti pernah dialami seseorang. Namun faktanya ketiga penyakit tersebut tidak perlu menggunakan antibiotik untuk mengobatinya.

Baca Juga : Penting! Lakukan Ini Ketika Diresepkan Antibiotik oleh Dokter

"Penyakit seperti gejala flu, batuk, muntah, dan diare tanpa darah itu bukan disebabkan oleh bakteri. Obatnya bukan dengan antibiotik tapi dengan banyak istirahat, makan secukupnya." tutur Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Dra Maura Linda Sitanggang, Apt, PhD.

Ketua Bidang Kajian Obat dan Farmakoterapi Ikatan Dokter Indonesia, Dr H. Masfar Salim, MS, SpFK, juga mengatakan bahwa panas, batuk, dan flu adalah gejala dari infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) yang disebabkan oleh virus.


"Flu,batuk,panas merupakan gejala yang disebabkan oleh virus dan gejala tersebut bukan merupakan indikasi antibiotika." tuturnya.

Baca Juga : Ini yang Harus Kamu Tahu Tentang Antibiotik
(up/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit