detikhealth

Rajin Berdiri di Tempat Kerja, Berapa Sih Kalori yang Terbakar?

Firdaus Anwar - detikHealth
Rabu, 15/11/2017 11:05 WIB
Rajin Berdiri di Tempat Kerja, Berapa Sih Kalori yang Terbakar?Jangan terus duduk, sesekali coba berdiri saat sedang di kantor. (Foto: Firdaus Anwar/detikHealth)
Jakarta, Menghabiskan waktu berjam-jam di kantor dengan duduk diam bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Sebagai contoh seseorang bisa saja terkena masalah mulai dari nyeri punggung, varises, kegemukan, dan bahkan menurut studi di Journal of National Cancer Institute meningkatkan risiko kanker.

Untuk itu disarankan sesekali bergerak bisa dengan melakukan peregangan atau bahkan cukup dengan berdiri saja. Yang penting ada usaha untuk membakar ekstra kalori daripada tidak sama sekali.

Baca juga: Jangan Malas Berdiri, Duduk Terlalu Lama Dapat Tingkatkan Risiko Kanker

Terkait hal tersebut studi terbaru yang dilakukan oleh peneliti di Mayo Clinic melihat berdiri dapat membantu membakar rata-rata 0,15 kalori per menit. Pada pria kalori yang dibakar rata-rata sekitar 0,2 per menit dua kali lebih besar dari wanita yang rata-ratanya 0,1 kalori per menit.

Pemimpin studi dr Farzane Saeidifard mengatakan jumlah kalori yang dibakar tersebut mungkin tidak cukup untuk membuat seseorang lebih kurus. Namun setidaknya dengan berdiri dapat membantu mencegah kenaikan berat badan.

"Berdiri lebih baik daripada duduk, tapi Anda butuh aktivitas fisik yang lebih bila ingin menguruskan badan dan menjaga kesehatan secara umum," kata dr Farzane seperti dikutip dari Live Science, Rabu (15/11/2017).

dr Farzane pernah melakukan analisa literatur terhadap studi lain menganalisa data dari 830 orang. Ia menemukan dalam jangka waktu empat bulan orang-orang dari kelompok yang berdiri satu jam 15 menit lebih lama dari kelompok lain mengalami penurunan lemak tubuh rata-rata 0,3 kilogram.

Kesimpulannya adalah sebisa mungkin coba aktif bergerak di kantor. "Anda bisa mengganti duduk dengan berdiri atau lebih baik lagi dengan jalan kaki," pungkas dr Farzane.

Baca juga: Bagi Pekerja Kantoran yang Duduk Terlalu Lama, Ini Saran untuk Anda(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit