detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Jenis Olahraga Seperti Ini Bisa Memperbaiki Ereksi

Kamis, 16/11/2017 19:20 WIB
Jenis Olahraga Seperti Ini Bisa Memperbaiki EreksiJenis olahraga yang bisa meningkatkan fungsi ereksi adalah exercise yang bisa memperkuat otot-otot dasar panggul. Foto: thinkstock
Dok, jenis olahraga seperti apa saja yang bisa meningkatkan fungsi ereksi? Yang saya baca-baca, ada jenis olahraga tertentu yang justru mengganggu kerja testosteron. Terima kasih pencerahannya.

G (Laki-laki, 27 tahun)

Jawaban

Jenis olahraga (exercise fisik) yang bisa meningkatkan fungsi ereksi adalah exercise yang bisa memperkuat otot-otot dasar panggul (Pelvic floor muscles).

Antara lain "Kegel Exercises", yaitu latihan otot yg diperkenalkan oleh Dr Arnold Kegel, yang bertujuan untuk memperbaiki tonus otot-otot dasar panggul dan penis. Caranya dengan melakukan gerakan-gerakan menirukan saat kita mengeluarkan air-seni, lalu tahan sesaat, keluarkan air-seni, lalu tahan lagi, demikian dilakukan berulang-ulang.

Lakukan latihan ini 3 kali 10 gerakan "keluar-tahan air seni" setiap hari dalam waktu terpisah. Khasiatnya baru bisa dirasakan setelah sekitar 6 minggu latihan intensif.

Jenis olahraga yg mengganggu fungsi testosteron adalah olahraga yang berlebihan frekuensinya (overloaded training), juga olahraga yang membuat suhu dalam buah zakar meningkat, hingga memicu defisiensi testosteron.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.



(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit