detikhealth

Konsultasi Umum
dr Kevin William Hutomo

Dokter umum di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com

Batuk Berdahak, Demam, Hingga Muntah, Apakah Gejala DBD?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 17/11/2017 10:50 WIB
Batuk Berdahak, Demam, Hingga Muntah, Apakah Gejala DBD?Batuk, muntah dan demam, apakah gejal DBD?/Foto: Thinkstock
Jakarta, Halo Dok, mau tanya dua hari lalu saya sakit batuk berdahak (sampai hari ini), demam dan sempat muntah. Di hari ke-3 di tangan saya muncul bintik merah kecil lumayan banyak. Apakah hal tersebut dapat dikatakan sebagai DBD? Mohon penjelasannya Dok.

S (Perempuan)

Jawaban

Terima kasih atas pertanyaannya. DBD atau Demam Berdarah Dengue merupakan penyakit demam akut dengan gejala klinis demam disertai tanda-tanda perdarahan, dan bila tidak ditangani dengan baik berpotensi menyebabkan kematian.

Sayangnya saya kurang mendapatkan informasi mengenai demam yang Anda keluhkan merupakan demam tinggi yang mendadak dan terjadi secara terus menerus atau hanya demam pada waktu-waktu tertentu saja. Karena biasanya demam tinggi pada demam berdarah akan terjadi secara terus menerus selama 2-7 hari.

Kemudian bintik merah kecil di tangan bisa jadi merupakan pertanda adanya gejala klinis perdarahan pada demam berdarah, namun perlu dilakukan pemeriksaan fisik lanjutan dan pemeriksaan laboratorium yaitu jumlah trombosit <100.000/uL untuk menegakkan diagnosis Demam Berdarah Dengue.

Saran saya segera periksakan kesehatan Anda kepada dokter terdekat untuk dilakukan pengobatan lebih lanjut yang berkaitan dengan keluhan Anda. Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat.

dr Kevin William Hutomo
Dokter umum di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com(hrn/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit