detikhealth

Psikiater
dr Andri, SpKJ, FAPM

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
Twitter: @mbahndi

Penyebab Tubuh Gemetar Saat Emosi

Jumat, 17/11/2017 16:40 WIB
Penyebab Tubuh Gemetar Saat EmosiPenyebab tubuh gemetar saat sedang emosi?/Foto: Thinkstock
Selamat sore Dok, saya mau bertanya, kenapa setiap emosi saya meluap, seluruh badan saya selalu gemetar? Mohon jawabannya ya Dok. Terimakasih.

D (Laki-laki, 30 tahun)

Jawaban

Halo Mas,

Iya memang kadang kita bisa mengalami gejala otonom yang berlebihan saat kita emosional. Ini disebabkan saat kita mengalami emosi, maka tubuh akan bereaksi dengan keadaan itu atas perintah otak untuk menyesuaikan apa yang dihadapi. Ini sebenarnya adalah mekanisme tubuh untuk merespon adanya signal 'bahaya' di otak.

Itulah mengapa pada beberapa orang yang mengalami cemas panik juga mengalami hal ini sebagai salah satu upaya untuk merespon adanya signal bahaya di otak, walaupun lebih sering hal ini berlangsung tiba-tiba tanpa dipicu. Gemetar, keluar keringat dingin, terasa mual, atau nyeri/kaku otot adalah respon otonom terkait dengan stres yang dialami seseorang.

Hal yang paling penting adalah bagaimana bisa kita mengolah stres itu atau mengolah tubuh kita agar lebih baik dalam menghadapi stres. Salah satunya dengan olahraga teratur dan relaksasi. Belajar relaksasi agar mampu membuat tubuh kita tidak terlalu responsif terhadap stres. Ini bisa membantu jika pun kita emosi nanti akan lebih baik respon tubuh kita.

Semoga membantu. Salam sehat jiwa.

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
(021)29779999
Twitter: @mbahndi
www.psikosomatik.net(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close