detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Soal Pakai Pelumas dan Risiko Susah Punya Anak

Jumat, 17/11/2017 17:39 WIB
Soal Pakai Pelumas dan Risiko Susah Punya AnakSoal pelumas dan risiko susah punya anak/Foto: Thinkstock
Yang terhormat Pak Dokter, amankah menggunakan cairan pelumas atau sex lube yang dijual di apotek? Istri saya takut penggunaan sex lube dapat memengaruhi peluang kehamilan. Kami sudah menikah 14 bulan namun belum juga berhasil hamil. Terima kasih.

R (Laki-laki, 25 tahun)

Jawaban

Terjadinya kehamilan adalah pertemuan spermatozoa (sel jantan) dengan ovum (sel betina) saat isteri dalam periode subur. Proses itu dipengaruhi oleh kualitas spermatozoa (bentuknya, jumlahnya, geraknya) serta kualitas ovum.

Cairan pelumas, hingga saat ini digunakan bila lubrikasi (pelendiran) vagina tidak optimal. Pada pasangan muda disebabkan oleh foreplay yg terlampau singkat, hingga zona-zona erotik tubuh isteri tidak terangsang optimal.

Hingga saat ini belum ada laporan medis ilmiah tentang pengaruh cairan pelumas sebagai penghambat kehamilan.

Karena Anda dan isteri sudah menikah 14 bulan belum juga dikaruniai 'momongan', disarankan Anda dan istri berkonsultasi di klinik fertilitas untuk menempuh program punya anak.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(up/hrn)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close