detikhealth

Ilmuwan Italia Klaim Cangkok Kepala akan Segera Terwujud

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Minggu, 19/11/2017 09:15 WIB
Ilmuwan Italia Klaim Cangkok Kepala akan Segera TerwujudKlaim mengejutkan datang dari seorang ilmuwan Italia. Menurutnya, transplantasi atau cangkok kepala yang pertama kali di dunia akan terwujud sebentar lagi. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Klaim mengejutkan datang dari seorang ilmuwan Italia, Sergio Canavero. Menurutnya, transplantasi atau cangkok kepala yang pertama kali di dunia akan terwujud sebentar lagi.

Dalam sebuah konferensi pers di Wina baru-baru ini, Prof Canavero mengklaim ilmuwan China telah berhasil melakukan cangkok kepala pada mayat. Transplantasi dilakukan di Harbin Medical University melalui operasi selama 18 jam.

Dalam operasi tersebut, para ilmuwan berhasil menyambung sumsum tulang belakang, saraf, dan pembuluh darah di leher dan tulang punggung. Operasi dipimpin oleh Dr Xiaoping Ren, dokter bedah saraf yang sebelumnya disebut sukses melakukan transplantasi kepala pada kera dan tikus.

Baca juga: Tranplantasi Jantung yang Diawetkan, Bisakah Sampai ke Indonesia?

Operasi tersebut, menurut Prof Canavero sengaja dilakukan di China karena ia tidak mendapat dukungan di Eropa dan Amerika Serikat. "Orang Amerika tidak mengerti," kata Prof Canavero, dikutip dari USA Today.

Para pakar neurologi memberikan tanggapan yang beragam terkait klaim tersebut. Termasuk mempertanyakan aspek etika jika benar cangkok kepala akan segera terwujud.

"Ini bukan hanya soal kepala yang terpasang ke tubuh baru. Kita mungkin berurusan dengan seseorang yang benar-benar baru," kata Assya Pascalev, seorang pakar etika biomedik di Howard University, Washington.

Baca juga: Dokter Italia Prediksi Tahun 2017 Transplantasi Kepala Bisa Dilakukan

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit