detikhealth

Susah BAB? Atasi dengan Cara Alami Berikut Ini

Azmy Cahya Ramadhaniar - detikHealth
Senin, 20/11/2017 10:32 WIB
Susah BAB? Atasi dengan Cara Alami Berikut IniSulit buang air besar bisa jadi hal yang menyiksa bagi beberapa orang. (Foto: thinkstock)
Jakarta, Penyebab susah buang air besar (BAB) salah satunya adalah gangguan yang terjadi pada usus. Biasanya susah buang air besar dipengaruhi oleh dua faktor, yakni gangguan pada feses atau benda yang dikeluarkan dan yang kedua yakni gangguan pada usus sebagai organ untuk mengeluarkan kotoran.

Gangguan pada kedua hal tersebut akan mengakibatkan buang air besar menjadi kurang lancar. Oleh karena itu dikutip dari boldsky.com ada beberapa cara alami untuk melancarkan susah buang air besar berikut ini:

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Picu Susah Buang Air Besar

Air putih bisa membantu BAB jadi lebih lancar.Air putih bisa membantu BAB jadi lebih lancar. Foto: Thinkstock


1. Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih salah satu cara alami untuk mengatasi sulit buang air besar, karena air putih merupakan zat pelarut alami yang paling baik untuk tubuh. Air putih juga dapat melancarkan pencernaan.

Penuhi kebutuhan serat dengan makan sayur.Penuhi kebutuhan serat dengan makan sayur. Foto: iStock


2. Konsumsi Sayuran yang Mengandung Serat

Serat menjadi salah satu kandungan yang banyak terdapat pada sayuran, serat sendiri penting bagi tubuh untuk memperlancar pencernaan. Di sisi lain serat juga membantu melancarkan pencernaan.

Umum diketahui pepaya dapat membantu pencernaan.Umum diketahui pepaya dapat membantu pencernaan. Foto: iStock


3. Perbanyak Konsumsi Buah Pepaya

Kandungan zat dan vitamin yang terdapat di dalam buah pepaya dapat membantu melancarkan pencernaan, dengan begitu maka Anda akan terhindar dari susah buang air besar.

Menurut penelitian yang dilansir boldsky.com, nantinya makanan tersebut akan membantu membawa lebih banyak air ke usus Anda, sehingga BAB menjadi lebih lancar.

Namun, jika lebih dari 3 hari, seperti seminggu Anda belum BAB, maka makanlah makanan dengan sifat osmotik seperti susu karena mengandung magnesium di dalamnya. Makanan ini akan menarik lebih banyak cairan ke dalam usus sehingga akan memperlancar BAB.

Baca Juga : Susah BAB saat Menstruasi? Mungkin Ini Penyebabnya(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close