detikhealth

Lebih Suka yang Mana, Kopi Pahit atau Manis?

Azmy Cahya Ramadhaniar - detikHealth
Selasa, 21/11/2017 11:09 WIB
Lebih Suka yang Mana, Kopi Pahit atau Manis?Foto: thinkstock
Jakarta, Urusan rasa adalah soal selera, termasuk untuk kopi. Ada yang suka kopi hitam tanpa pemanis, ada juga yang lebih menikmati latte atau variasi penyajian lainnya, termasuk tambahan whipped cream di atasnya.

Khusus untuk penggemar kopi hitam tanpa gula, ada manfaat sehat yang tersembunyi di balik rasa pahitnya. Salah satunya, tentu saja mengurangi risiko diabetes akibat asupan gula yang berlebih.

Bagi sistem metabolisme, kopi tanpa gula disebut bisa membantu menyeimbangkan kadar insulin. Kadar gula dalam darah jadi lebih terkontrol karenanya.

Baca juga: 5 Manfaat Sehat yang Bisa Didapat dari Kopi

Sementara itu, sebuah penelitian di Journal of Hepatology menyebut bahwa kopi hitam tanpa gula bisa mengurangi risiko fibrosis atau tahap awal pengerasan hati. Ini berarti juga mengurangi risiko kanker hati, yang biasanya memang diawali dengan fibrosis.

Lebih Suka yang Mana, Kopi Pahit atau Manis?Foto: thinkstock


"Di dalam kopi terkandung antioksidan," kata dr Annisa Maloveny, SpPD dari RS Hermina Grandwisata, dalam wawancara dengan detikHealth baru-baru ini. "Antoksidan menetralisir oksidan dengan melindungi sel-sel tubuh dan melindungi dari penyakit seperti kanker, dan jantung," lanjutnya.

"Jadi kopi memiliki efek baik terutama biji kopi bukan kopi yang ada tambahan pemanis atau semacamnya," simpul dr Annisa.

Baca juga: Karena Manfaat Ini, Kopi Diyakini Mampu Cegah Demensia

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close