detikhealth

Konsultasi Umum

Muncul Mata Ikan di Telapak Tangan, Apa Sebabnya?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 21/11/2017 13:07 WIB
Muncul Mata Ikan di Telapak Tangan, Apa Sebabnya?Penyebab mata ikan di telapak tangan/Foto: Thinkstock
Jakarta, Selamat sore Dok. Mengapa ya Dok di telapak tangan saya muncul seperti mata ikan, yang saya tahu mata ikan hanya selalu muncul di kaki. Saya sudah ke puskesmas, dokternya pun kebingungan dengan mata ikan di tangan saya. Obat apa ya Dok yang bisa menyembuhkan mata ikan? Apakah perlu adanya tindakan operasi? Apa penyebab terjadinya mata ikan tersebut?

S (Laki-laki)

Jawaban

Terima kasih atas pertanyaannya. Mata ikan atau clavus, adalah suatu penebalan jaringan di kulit yang dikibatkan oleh tekanan atau gesekan yang terjadi secara berulang saat kita beraktivitas. Biasanya berbentuk bulat dan ukurannya lebih kecil dari kapalan dan memiliki bagian tengah yang lebih keras dibandingkan kulit disekitarnya yang biasanya meradang.

Mata ikan yang muncul di daerah tangan dapat disebabkan oleh penggunaan perkakas tangan yang Anda gunakan setiap harinya. Obat-obatan yang dijual bebas dalam bentuk krim atau salep yang mengandung asam salisilat dapat membantu melunakkan dan mengangkat jaringan kulit yang mati.

Namun bila penggunaan obat luar tidak mampu mengurangi keluhan mata ikan Anda. Biasanya dokter akan merekomendasikan untuk dilakukan tindakan operasi dengan tujuan mengeluarkan jaringan yang menebal di area dalam jaringan kulit.

Semoga informasi yang saya berikan bermanfaat.

dr Kevin William Hutomo
Dokter umum di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit