detikhealth

Risiko Amnesia Jika Kepala Terbentur Hingga Benjol

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Selasa, 21/11/2017 15:15 WIB
Risiko Amnesia Jika Kepala Terbentur Hingga BenjolTerbentur bisa menyebabkan gegar otak baik ringan maupun berat. Foto: Thinkstock
Jakarta, Kecelakaan yang menimpa Setya Novanto membuatnya harus dirawat di rumah sakit, sebelum akhirnya ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Perbincangan soal luka yang dialami Novanto hingga kini masih ramai dibahas, terutama soal klaim benjol sebesar bakpao di kepalanya.

"Hancur... cur... cur... mobilnya itu. Lukanya parah, tangannya luka semua, berdarah, kepala terbentur benjol-benjol. Benjol seperti bakpao," kata pengacara Novanto, Fredrich Yunadi, kepada wartawan di Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Jakarta Selatan, Kamis (16/11) lalu.

Baca juga: Benjol Sebesar Bakpao, Normalnya Berapa Lama Bisa Hilang?

Di media sosial, ramai dibahas soal risiko seseorang mengalami amnesia akibat terbentur di kepala. Kepala Program Studi Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran, dr Irma Ruslina Defi, SpKFR, PhD, mengatakan risiko amnesia memang ada pada setiap pasien kecelakaan yang kepalanya terbentur.

"Kejeduk, otak bisa amnesia kalau benturannya kenceng banget. Kalau cuma kejeduk biasa, keserempet doang nggaklah," tutur dr Irma saat dihubungi detikHealth, Selasa (21/11/2017).

Dijelaskan dr Irma, trauma karena benturan di kepala bisa menyebabkan gegar otak. Gegar otak ringan biasanya hanya membuat korban merasa pusing dan tidak menyebabkan amnesia.

Amnesia baru bisa muncul saat seseorang mengalami gegar otak berat. Hal ini terjadi karena benturan di kepala menyebabkan pendarahan dan pembengkakan, yang memengaruhi otak.

Menurut dr Irma, yang seharusnya jadi perhatian adalah dampak trauma benturan di dalam otak. Bisa jadi, trauma yang terjadi tidak hanya menyebabkan pendarahan di kulit, namun juga di dalam otak sendiri.

"Kalau otak bengkak karena pendarahan di dalam otak harus dikasih obat-obatan supaya otaknya nggak bengkak. Kalau pendarahan sampai 30-50 cc itu bisa menurunkan kesadaran dan harus dikeluarkan darahnya dari otak," tutupnya.

Baca juga: Diperiksa KPK, Tubuh Setya Novanto Mulus Lus Lus





(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close