detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Baru 4 Bulan Menikah dan Sulit Penetrasi

Selasa, 21/11/2017 18:20 WIB
Baru 4 Bulan Menikah dan Sulit PenetrasiSudah menikah empat bulan tapi sulit penetrasi saat berhubungan seks/Foto: Thinkstock
Salam hormat dr Andri. Sebelumnya saya ingin mengutarakan kalau saya selalu senang membaca kolom konsultasi dokter.

Begini Dok. Yang ingin saya tanyakan, saya baru menikah 4 bulan yang lalu. Saya mencoba untuk berhubungan badan dengan suaminya, tapi ketika mau penetrasi ternyata ada kesulitan, rasanya seperti sakit sekali. Kami sudah mencoba beberapa kali namun tetap tidak bisa masuk.

Kenapa ya Dok? Apa trauma masa lalu pada laki-laki ada kaitannya? Terima kasih.

Y (Perempuan, 21 tahun)

Jawaban

Dari keluhan Anda, agaknya Anda mengalami "faginismus", yaitu spasme (kejang) involuntir (spontan) pada otot rongga dan bibir vagina, yang membuat penetrasi terasa nyeri atau tidak mungkin.

Penyebabnya:
1. Faktor Fisik: vagina pernah mengalami peradangan hebat atau terluka di masa lalu;
2. Faktor Psiko-sosial: pengalaman traumatis-seksual masa lalu, mitos seksual dalam keluarga yg menganggap ML adalah menjijikkan (dirty).

Untuk sementara, imbau suami agar ML tanpa penetrasi penis, jelasnya secara manual atau oral saling sentuh, kecup zona-zona erotik tubuh hingga memicu orgasme.

Selanjutnya, disarankan Anda dan suami berkonsultasi dengan psikolog untuk menempuh psycho-sexual-therapy. Letak zona-zona erotik tubuh dapat dilihat di andriwanananda.blogdetik.com.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close