detikhealth

Konsultasi Umum

Jarak Minum Obat Herbal dengan Obat Kimia

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 22/11/2017 15:05 WIB
Jarak Minum Obat Herbal dengan Obat KimiaJarak minum obat kimia dengan obat herbal/Foto: Thinkstock
Jakarta, Selamat sore Dok, saya menanyakan perihal minum obat tradisional dengan obat dari resep dokter. Adakah jarak waktu tertentu untuk minum obat tradisional dengan obat dari dokter? Bolehkah sebenarnya meminum obat tradisional bersamaan dengan obat dokter? Obat tradisional yang dimaksud adalah obat-obatan herbal Dok. Terimakasih. Mohon jawabannya.

R (Laki-laki)

Jawaban

Terima kasih atas pertanyaannya. Sayangnya saya kurang mendapatkan informasi perihal jenis obat herbal dan obat-obatan yang sedang dikonsumsi saat ini. Pada prinsipnya obat-obatan yang kita konsumsi selalu memiliki unsur-unsur kimiawi yang ditujukan untuk bekerja di suatu sistem dalam tubuh kita untuk mengobati atau mengurangi gejala suatu penyakit.

Unsur kimiawi ini dapat mempengaruhi baik itu meningkatkan efek atau mengurangi efek satu sama lain, atau dapat juga tidak saling berpengaruh. Untuk obat-obatan yang diresepkan oleh dokter biasanya dokter akan memberikan informasi kapan obat-obatan yang saling berinteraksi harus dikonsumsi.

Namun berkaitan dengan obat-obatan herbal, saran saya perlu didiskusikan lebih lanjut dengan dokter yang meresepkan obat-obatan tersebut kepada Anda. Karena bisa saja kandungan dalam obat-obatan herbal tersebut meningkatan atau mengurangi efek obat yang Anda konsumsi.

Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat.

dr Kevin William Hutomo
Dokter umum di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com(hrn/hrn)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit