detikhealth

Narkolepsi Biasa Menyerang Remaja, Mungkinkah Orang Tua Juga Kena?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Rabu, 22/11/2017 18:33 WIB
Narkolepsi Biasa Menyerang Remaja, Mungkinkah Orang Tua Juga Kena?Usia remaja adalah masa di mana narkolepsi sering timbul. Foto: Getty Images
Jakarta, Kisah Setya Novanto yang tertidur saat pemeriksaan oleh KPK membuat banyak orang penasaran. Pasalnya tak hanya sekali Ketua DPR tersebut tertangkap kamera sedang memejamkan mata, saat pernikahan Kahiyang-Bobby kemarin pun Setnov terlihat melakukan hal yang sama.

Hal ini membuat banyak orang berspekulasi Novanto memiliki masalah tidur hipersomnia yakni narkolepsi. Namun, belum terbukti bahwa Setya Novanto mengidap penyakit tersebut.

Dihubungi oleh detikHealth, Rabu (22/11/2017), Praktisi Kesehatan Tidur, dr Andreas Prasadja, RPSGT, menjelaskan bahwa narkolepsi adalah gangguan tidur yang menyerang pada pusat pengatur tidur seseorang. Kondisi ini membuat orang yang mengidapnya bisa saat tidur tidak benar-benar tidur dan saat sadar pun bisa tidak benar-benar sadar.


Baca juga: Kisah Novanto yang Tidur Saat Diperiksa dan Saran KPK untuk Terbuka


Masih menurut dokter dengan sapaan akrab dr Ade ini, narkolepsi biasanya timbul ketika seseorang meginjak usia remaja. Namun tidak menutup kemungkinan, narkolepsi muncul di usia tua.

Untuk penyebabnya, penyakit yang juga diidap Jimmy Kimmel, komedian sekaligus pembawa acara ternama asal Amerika Serikat ini hingga sekarang belum diketahui dengan pasti. Yang jelas, masalah ini paling banyak mengganggu perempuan saat remaja.

"Bisa genetik bisa ngga (penyebabnya), belum tahu," kandasnya.


Baca juga: Tidur Terus Seperti Setya Novanto Belum Tentu Narkolepsi


(ask/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close