detikhealth

Hai Pria, Ini Pentingnya Jaga Kesehatan Testis

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 23/11/2017 09:10 WIB
Hai Pria, Ini Pentingnya Jaga Kesehatan TestisTestis adalah pabrik di mana sperma dibuat, oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatannya. (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Selama ini mungkin yang sering dijumpai adalah bagaimana cara menjaga kesehatan vagina atau payudara untuk kesadaran diri dari kanker maupun mengidentifikasi tanda penyakit menular seksual. Faktanya, para pria juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan alat vitalnya, khususnya testis atau buah zakar.

Menurut androlog dari Mayapada Hospital, dr Nugroho Setiawan SpAnd, pada prinsipnya testis merupakan satu organ yang cukup rawan. Hal ini karena testis berfungsi memproduksi sperma dan juga memproduksi hormon seks pria yaitu testosteron.

"Sangat penting untuk pria untuk bikin sperma, dia terlingkup ada satu namanya barrier, artinya sperma laki-laki merupakan benda asing buat laki-laki, cuma dilingkup sehingga tidak tercampur dengan darah," kata dr Nugroho kepada detikHealth.

Baca juga: Tenang, Pria dengan Satu Testis Itu Masih Bisa Subur

"Sehingga testis ini perlu dilindungi, kalau dia kena trauma, kena tusuk atau kena apa akan menimbulkan antibodi, antisperm di dirinya," lanjut dr Nugroho.

Kemudian, karena fungsi testis itu adalah untuk spermatogenesis atau proses gametogenesis pada pria dengan cara pembelahan meiosis dan mitosis, maka harus lebih dingin dari badannya, sehingga tidak dianjurkan untuk pria pakai celana berangkap-rangkap, seperti celana dalam, celana pendek, dan celana panjang. Itu akan mengakibatkan testis menjadi panas dan temperaturnya tidak optimal.

"Atau pakai celana yang terlalu ketat, kencang sekali ke dalam, sehingga testisnya nempel selalu di tubuhnya. Itu tidak dianjurkan," tegas dr Nugroho.

Baca juga: Kurang Tidur Bikin Testis Mengecil, Benarkah?

(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close