detikhealth

Kamu Gampang Lelah? Mungkin Karena Kebiasaan-kebiasaan Ini

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kamis, 23/11/2017 19:03 WIB
Kamu Gampang Lelah? Mungkin Karena Kebiasaan-kebiasaan IniMudah lelah bisa disebabkan oleh beberapa kebiasaan yang kerap diabaikan. Foto: Thinkstock
Jakarta, Kelelahan kerap dikaitkan dengan aktivitas yang padat hingga tidak ada waktu istirahat yang cukup. Tetapi bagaimana jika istirahat cukup tetap sering merasa lelah?

Beberapa orang mengaitkannya dengan adanya suatu penyakitm seperti anemia, penyakit tiroid, bahkan diabetes. Namun ada kebiasaan yang sering tidak diperhatikan oleh banyak orang yang justru menjadi alasan di balik kelelahanmu.

Seperti yang dilansir dari Byrdie, beberapa kebiasaan yang bisa membuat tubuh merasa lelah terus-menerus.

1. Terlalu banyak konsumsi kopi

Bagi kamu pecinta kopi, memang ada banyak manfaat bagi kesehatan. Namun ketika mengonsumsinya berlebihan, tubuh akan merasa ketergantungan atau kecanduan terhadap kopi.

Akibatnya, ketika tidak mengonsumsi kopi seperti biasanya, tubuh akan mudah merasa lelah. Untuk itu, konsumsi lah kopi dalam jumlah yang wajar setiap harinya.

Baca juga: Alasan Mengapa Tubuh Merasa Lelah Sepanjang Waktu

2. Kurang makanan bernutrisi

Ini pentingnya mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan energi tubuh setiap hari. Jika tubuh kurang mendapatkan nutrisi penting seperti, vitamin, protein, dan karbohidrat, makan tubuh jelas akan mudah merasa lelah.

Bahkan para ilmuwan di Amerika Serikat percaya bahwa ada kaitannya antara meningkatnya tingkat kelelahan dengan pola makan yang buruk.

3. Kurang minum

Air atau hidrasi sangat lah penting bagi kelangsungan hidup semua orang. Bukan hanya menangani dehidrasi, tapi mencukupi kebutuhan air dalam tubuh juga penting untuk kesehatan. Tetap lah minum air 2,5 liter atau 8 gelas per hari agar tubuh tidak mudah merasa lelah.

4. Kurang olahraga

Mungkin beberapa orang berpikir bahwa olahraga membuat tubuh kelelahan. Namun penelitian membuktikan sebaliknya, yaitu pasien kanker perlahan membaik saat mereka mulai rutin berolahraga.

Lelah setelah olahraga memang sangat wajar, namun manfaat setelahnya akan lebih besar. Yuk mulai bergerak!

Baca juga: Tubuh Lelah Tak Selalu Bisa Diatasi dengan Minuman Energi

(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close