detikhealth

Saran Kemenkes Soal Air Alkali: Jangan Terbuai dengan Iklan

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kamis, 23/11/2017 20:03 WIB
Saran Kemenkes Soal Air Alkali: Jangan Terbuai dengan IklanKemenkes imbau agar masyarakat tidak terbuai dengan iklan Kangen Water. Foto: Thinkstock/infografis
Jakarta, Masih soal air alkali yang diklaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit dengan merek Kangen Water, banyak pihak yang menyatakan bahwa itu adalah hoax.

Leona Victoria Djajadi, Master of Nutrition and Dietetics, menjelaskan bahwa air alkali atau air yang bersifat basa tidak mempunyai kelebihan khusus jika disandingkan dengan air putih biasa.

"Hoax kali ya bahwa alkali water punya kelebihan khusus dibandingkan air biasa," ujarnya melalui pesan singkat.

Baca juga: Kemenkes Sebut Khasiat Kangen Water Belum Diteliti

Begitu pun yang dikatakan oleh Direktur Pengawasan Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga Kementerian Kesehatan, Ir Sodikin Sadek, MKes bahwa air yang diproduksi dari mesin Kangen Water itu belum diteliti manfaatnya.

"Iklannya harap ditarik. Hasil dari water treatment untuk mengobati penyakit itu belum ada penelitiannya," tegas Sodikin.

Maka dari itu, Sodikin menyarankan masyarakat harus memiliki edukasi lebih mengenai serba-serbi dan khasiat air alkali tersebut sebelum menggunakannya.

"Pilihan masyarakat sih. Masyarakat harus betul-betul teredukasi, jangan terbuai dengan iklan," anjurannya.

Baca juga: Air Alkali Disebut Bersifat Basa, Dokter: Kena Asam Lambung Netral Lagi

(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit