detikhealth

Psikiater

Terobsesi Miliki Tubuh Berotot Seperti Binaragawan, Normalkah?

Jumat, 24/11/2017 12:38 WIB
Terobsesi Miliki Tubuh Berotot Seperti Binaragawan, Normalkah?Terobsesi dengan badan berotot bisa membahayakan kesehatan seseorang. Foto: Thinkstock
Halo Dok, saya pria berumur 20 tahun. Kenapa ya dok saya terobsesi sekali ingin memiliki otot seperti binaraga?

Belakangan ini saya jadi sering gym hanya untuk berotot, yang ada di anggapan saya berotot menambah kepercayaan diri saya. Bahkan saya juga rela membeli nutrisi yang berkaitan dengan pembentukan otot? Apakah itu normal Dok? Sebelumnya saya tidak pernah sefanatik ini.

A (Laki-laki, 20 tahun)

Jawaban

Adanya keinginan untuk berbadan bagus layaknya binaragawan sebenarnya tidak masalah apalagi hal itu membuat Anda menjalani kehidupan sehat seperti berolahraga dan menjaga pola makan atau diet.

Kondisi ini menjadi masalah jika Anda menjadi sangat terobsesi sehingga Anda hanya fokus pada usaha pembentukan badan ini sampai melupakan hal lain dalam fungsi keseharian seperti bekerja atau sekolah/kuliah. Juga jika Anda menggunakan obat perangsang otot secara berlebihan agar tubuh lebih cepat berotot. Obat steroid banyak dikenal di kalangan binaraga walaupun banyak binaragawan tidak menggunakannya dan lebih memilih bugar secara natural.

Hati-hati jika Anda mulai sangat terobsesi sampai melakukan apapun asalkan tubuh berotot segera terbentuk. Jika sudah sampai seperti ini bahkan bisa mengorbankan kesehatan dan fungsi Anda secara keseluruhan ada baiknya Anda berkonsultasi ke psikiater. Semoga membantu.

Salam sehat jiwa.

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
(021)29779999
Twitter: @mbahndi
www.psikosomatik.net(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit