detikhealth

Konsultasi Psikologi Seks dan Perkawinan

Seberapa Penting Memberi Pelangkah Ketika Ingin Menikah Lebih Dulu?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 24/11/2017 18:15 WIB
Seberapa Penting Memberi Pelangkah Ketika Ingin Menikah Lebih Dulu?Dalam adat tertentu, ada pelangkah yang harus diberikan kepada saudara tua jika ingin lebih dulu menikah. (Foto: Ilustrasi/Thinkstock)
Jakarta, Salam Mbak Wulan. Seberapa pentingkah memberi pelangkah ketika ingin menikah lebih dulu dari saudara yang lebih tua? Terima kasih.

A (Laki-laki, 34 tahun)

Jawaban

Dear,

Memberi pelangkah sebenarnya termasuk dalam kategori 'penting, tidak penting', tergantung pada kebiasaan di dalam keluarga atau budaya. Pelangkahan biasanya dilakukan sebagai tanda 'meminta izin' untuk mendahului memasuki dunia pernikahan. Terkadang tidak mudah bagi yang dilangkahi, terutama jika saudara yang dilangkahi adalah perempuan, untuk memberikan restu untuk dilangkahi. Belum lagi ketika biasanya ada tambahan tekanan dari lingkungan sekitar untuk segera melakukan hal yang sama.

Kalaupun orang yang akan menikah bukanlah orang yang terlalu terikat pada adat atau kebiasaan di dalam keluarga, tidak ada salahnya memberikan pelangkahan sebagai simbol ucapan terima kasih dan penghormatan kepada saudara yang lebih tua, karena telah memberikan dukungan dan pengertiannya terhadap pernikahan. Bentuk pelangkahan bisa disesuaikan dengan dana yang dimiliki. Jika ada dana lebih, bisa juga menanyakan barang yang diinginkan oleh saudara yang lebih tua tersebut.

Wulan Ayu Ramadhani, M. Psi
Psikolog Perkawinan dan Keluarga di Klinik Rumah Hati
Jl. Muhasyim VII no. 41, Cilandak, Jakarta Selatan
Twitter: @wulanayur dan @twitpranikah
https://pranikah.org/

(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close