detikhealth

Di Tengah Kontroversi Air Alkali, Air Asam Diklaim Bagus untuk Wajah

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Jumat, 24/11/2017 18:46 WIB
Di Tengah Kontroversi Air Alkali, Air Asam Diklaim Bagus untuk WajahFoto: Thinkstock
Jakarta, Produk KanGen Water menuai kontroversi karena klaim sehat air dengan pH alkali (basa) yang dianggap berlebihan. Sementara itu, muncul diskusi tentang air dengan pH asam yang kabarnya baik untuk kesehatan kulit wajah.

Berbeda dengan air akali yang kontroversial karena diklaim sehat saat diminum, air dengan pH asam disebut bermanfaat ketika digunakan di permukaan kulit. Lebih tepatnya, di permukaan kulit wajah.

Dihubungi detikHealth baru-baru ini, dr Laskmi Duarsa, SpKK, dari RS Surya Husada, Bali membenarkan kabar tersebut. Menurutnya, air dengan pH asam memang baik untuk kesehatan kulit.

"Kulit kita kan pH-nya 5,5 agak asam, karena kulit fungsinya sebagai pelindung kalau ada bakteri baru menempel, dia mati," ujar dr Laksmi.

"Ketika kulit seseorang mengalami luka, tidak ada pelindungnya akan lebih mudah terkena infeksi. Air dengan pH 6 hampir sama (dengan pH kulit) jadi bisa (digunakan)," lanjutnya.

Baca juga: Ini Kata Dokter Terkait Kulit Wajah Kering yang Berjerawat

Karena itulah proses pengeringan jerawat juga bisa menjadi lebih cepat. Selain itu, pH asam juga memberikan manfaat lainnya untuk kesehatan kulit, salah satunya membantu untuk mengecilkan pori-pori kulit.

"Tapi sekali lagi, belum tentu cocok untuk semua orang terutama untuk orang yang kulitnya sensitif. Harus coba di punggung tangan, setelah itu leher, kalau tidak kenapa-kenapa bisa dicoba dipakai di wajah," pungkasnya.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kulit Anda Membutuhkan Masker Wajah

(ask/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close