detikhealth

Konsultasi Umum

Benarkah Penggunaan Softlens Bisa Merusak Mata?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Jumat, 24/11/2017 19:04 WIB
Benarkah Penggunaan Softlens Bisa Merusak Mata?Bila tidak berhati-hati, penggunaan softlens dapat menyebabkan iritasi pada bola mata. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta, Halo Dok, saya mau bertanya. Benarkah penggunaan softlens merusak mata? Adakah softlens yang baik untuk digunakan? Adakah alternatif lain untuk mengurangi mata minus?

R (Perempuan, 17 tahun)

Jawaban

Terima kasih atas pertanyaannya. Penggunaan softlens merupakan salah satu opsi bagi orang-orang yang tidak ingin menggunakan kaca mata namun memiliki permasalahan dengan penglihatannya. Terkadang softlens digunakan juga oleh orang-orang yang tidak memiliki masalah penglihatan dikarenakan alasan estetika. Keamanan, kenyamanan, dan keefektifan dari softlens bergantung pada desain dan peletakan secara akurat di daerah bola mata. Bila tidak berhati-hati dapat menyebabkan iritasi di daerah bola mata dan dapat berbahaya bagi mata Anda.

Sebelum menggunakan softlens, ada baiknya Anda benar-benar membaca instruksi pemakaian softlens yang ada di kemasan softlens. Bila menggunakan softlens yang digunakan berulang pastikan tempat penyimpanan softlens higienis, selalu ganti larutan dan bersihkan tempat penyimpanan softlens secara rutin untuk mencegah bakteri berkembang biak di tempat tersebut, serta hindari penggunaan softlens saat Anda tidur yang meningkatkan resiko peradangan di daerah kornea mata. Dan senantiasa pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih sebelum memasang softlens ke bola mata Anda.

Pengguna softlens juga perlu memberikan perhatian khusus dalam merawat softlens. Namun bila Anda tidak ingin direpotkan dengan hal-hal di atas, penggunaan kacamata merupakan opsi terbaik untuk membantu kelainan mata minus Anda. Atau konsultasikan kepada dokter mata untuk opsi-opsi lain dalam mengurangi mata minus seperti tindakan lasik dan sebagainya.

Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat.

dr Kevin William Hutomo
Dokter umum di RS Permata, Depok
www.rspermatadepok.com(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close