detikhealth

Diklaim Minim Efek Samping, Ini Kisaran Biaya Imunoterapi untuk Kanker

Hanna Pratiwi - detikHealth
Sabtu, 25/11/2017 10:10 WIB
Diklaim Minim Efek Samping, Ini Kisaran Biaya Imunoterapi untuk KankerImunoterapi diklaim minim efek samping. Ini kisaran harganya. Foto: thinkstock
Jakarta, Pengobatan kanker biasanya menggunakan kemoterapi dan radioterapi. Namun kini telah dikembangkan pengobatan lain yang diklaim memiliki efek samping lebih rendah, yaitu imunoterapi.

Imunoterapi adalah pengobatan dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mengatasi penyakit tertentu, seperti kanker paru. Tujuannya untuk mencegah interaksi antara sel T milik sistem imun dan tumor. Saat tumor dan sel T berinteraksi, sebuah protein di tumor yang disebut Programmed Death-Ligand 1 (PD-L1) melumpuhkan sel T sehingga sel-sel imun tidak dapat mengenali dan membunuh sel-sel kanker.

Menurut dokter spesialis paru dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Elisna Syahruddin SpP(K), PhD, terapi ini bisa meningkatkan harapan hidup pasien kanker paru yang terbilang cukup singkat.

"Penderita itu sudah senang lho kalau dibilang hidupnya akan tambah tiga bulan lagi," ujarnya saat ditemui detikHealth, baru-baru ini.

Baca juga: Imunoterapi, Pengobatan Kanker yang Minim Efek Samping

Lantas, berapa biaya untuk terapi tersebut?

"Harga terapi imuno onkologi seharga 40 juta (rupiah) per bulannya," ungkap dokter yang praktik di RSUP Persahabatan itu.

Obat untuk terapi ini akan masuk ke Indonesia pada tahun 2018. Saat ini masih dilakukan persiapan di 14 center di Indonesia untuk bisa melakukan pemeriksaan imunohistokimia untuk PD-L1.

Baca juga: Mengenal Imunoterapi, Pengobatan Mutakhir untuk Kanker Stadium Lanjut


(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit