detikhealth

Para Veteran Perang Vietnam Terancam Parasit Penyebab Kanker Hati

Firdaus Anwar - detikHealth
Senin, 27/11/2017 15:35 WIB
Para Veteran Perang Vietnam Terancam Parasit Penyebab Kanker HatiParasit cacing hati di bawah mikroskop. (Foto: Instagram)
Jakarta, Studi terbaru oleh peneliti Amerika Serikat (AS) menyebut para veteran perang Vietnam masih berjuang melawan penyakit yang mungkin mereka tak sadari. Hasil tes menunjukkan dari 50 sampel darah veteran, lebih dari 20 persen ternyata positif memiliki antibodi cacing parasit.

Studi yang dilakukan kerja sama antara Departemen Urusan Veteran AS dan Seoul National University menemukan kemungkinan banyak veteran tidak sadar dirinya memiliki cacing hati. Hal ini karena butuh waktu bertahun-tahun sampai parasit menimbulkan gejala dan memicu kanker hati.

Baca juga: Waspada, Lalapan Bisa Jadi Pintu Masuk Telur Cacing ke Tubuh Manusia

Cacing hati tersebut diduga datang dari konsumsi ikan sungai yang tidak dimasak dengan matang. Setiap tahunnya diperkirakan 25 juta orang terinfeksi oleh cacing hati yang kebanyakan terjadi di daerah Asia.

"Saya terkejut. Saya tidak tahu bahwa saya ternyata memilikinya," ujar salah satu veteran yang berpartisipasi dalam studi, Gerry Wiggins (69), seperti dilansir Fox News, Senin (27/11/2017).

Terkait hal tersebut dr Banchob Sripa dari Tropical Disease Research Laboratory, Khon Kaen University, mengatakan kebiasan mengonsumsi ikan mentah memang bisa membuat seseorang rentan terkena kanker hati. Di daerah timur laut Thailand saja hampir setengah dari kasus kanker merupakan kanker hati padahal di tingkat dunia saja rasio kanker hati hanya 10 persen dari total kasus kanker yang ada.

"Kita telah meneliti hubungan ini selama 30 tahun. Kami menemukan cacing hati bisa menghasilkan bahan kimia yang memicu imunitas inangnya dan menyebabkan inflamasi. Setelah bertahun-tahun inflamasi semakin kronis dan akan berkembang menjadi kanker," kata dr Sripa.

Di beberapa komunitas di Thailand kebiasaan makan ikan mentah bahkan membuat hampir 80 persen anggotanya terinfeksi cacing hati. Paling muda adalah seorang anak berusia 4 tahun yang bila dibiarkan kanker bisa muncul di usia 50 tahun.

Baca juga: Akibat Cacing di Tubuhnya Kena Kanker, Pria Ini Meninggal(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close