detikhealth

Psikiater

Sering Di-bully, Bagaimana Agar Lebih Percaya Diri?

Selasa, 28/11/2017 18:17 WIB
Sering Di-bully, Bagaimana Agar Lebih Percaya Diri?Ilustrasi seorang mahasiswa di-bully teman kelas/Foto: Thinkstock
Halo Dok, saya seorang mahasiswa tingkat 3. Menurut saya, di umur tersebut pembullyan tidak perlu dilakukan. Tapi kenapa ya Dok, saya selalu menjadi bahan bullyan di kelas. Saya akui saya memang tidak seperti lelaki di kelas saya yang lebih tampan dan percaya diri. Saya merasa ingin percaya diri. Tapi selalu ada bullyan dari teman saya. Saya harus bagaimana ya Dok, mereka menerima saya tapi hanya untuk bahan lelucon?

A (Laki-laki)

Jawaban

Kadang memang kita tidak bisa memilih dilahirkan dengan fisik seperti apa, namun soal kepercayaan diri sebenarnya itu adalah hal yang bisa dilatih. Bullying di mana saja bisa terjadi bahkan di kalangan pekerja sekalipun, ada orang yang merasa superior dan merasa senang membully dan ada juga tipikal orang yang rendah diri yang menjadi sasaran bullying, karena kebanyakan memang akan berlaku kondisi seperti itu.

Terkadang memang kita tanpa sadar memposisikan diri kita dalam posisi yang menjadi korban bully, ini bisa juga karena rasa rendah diri kita yang tinggi. Salah satu fokus untuk percaya diri adalah dengan mempunyai self image yang baik. Katakan setiap hari kepada diri kita bahwa kita adalah orang yang baik dan kita mencintai diri kita.

Hadapi bully dengan percaya diri, dalam artian kita bisa tersenyum menghadapi hal itu dan malah membuat lelucon itu kita tertawakan bersama, bukan mereka yang menertawakan kita. Orang yang mampu menertawakan diri sendiri sebenarnya adalah orang yang telah mampu mengenali dirinya sendiri dan percaya diri akan hal yang ada dirinya.

Intinya konsep tentang kepercayaan diri itu adanya di kepala kita. Ketika kita merasa percaya diri maka itu diawali oleh pikiran kita, begitu juga sebaliknya. Semoga membantu.

Salam sehat jiwa.

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
(021)29779999
Twitter: @mbahndi
www.psikosomatik.net(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit