detikhealth

Pesan Kemenkes Ketika Hadapi Cuaca Ekstrem dari Siklon Cempaka

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Rabu, 29/11/2017 14:38 WIB
Pesan Kemenkes Ketika Hadapi Cuaca Ekstrem dari Siklon CempakaCuaca ekstrem belakangan muncul karena adanya Siklon Cempaka. Kemenkes pun memberikan pesan kepada masyarakat.Foto: Rama Perdana
Jakarta, Sejak dua hari yang lalu, BMKG telah mendeteksi siklon tropis yang tumbuh sangat dekat dengan pesisir selatan Pulau Jawa. Siklon dengan nama Cempaka ini dapat menimbulkan banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin, disertai angin yang bertiup kencang.

"Adanya Siklon Tropis Cempaka di wilayah perairan sebelah selatan Jawa Tengah mengakibatkan perubahan pola cuaca di sekitar lintasannya," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG R Mulyono Rahadi Prabowo.

Dihubungi detikHealth, dr Achmad Yurianto, Kepala Pusat Krisis Kesehatan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menjelaskan bahwa siklon yang berhubungan dengan cuaca ini juga memberikan dampak pada kesehatan orang banyak.

Namun, karena sebenarnya hal ini dapat terprediksi lebih dulu, dr Achmad juga mengimbau masyarakat untuk lebih sadar pada kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Baca juga: Ada Siklon Cempaka, BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem 3 Hari ke Depan

"Harus menyaradari musim hujan enggak mendadak kan? Ini kan bencana yang sopan (bisa diprediksi). Masyarakat harus tahu betul dan mempersiapkan agar semua diantisipasi dengan baik. Mungkin akan tetap panik, tapi jadi enggak panik-panik banget," ujarnya melalui saluran telepon, Rabu (29/11/2017).

Hal pertama yang disarankan oleh dr Achmad adalah untuk tidak berpergian ketika cuaca sedang tidak mendukung seperti hujan deras jika tidak ada agenda yang cukup penting. Dikhawatirkan, berhujan-hujanan akan membuat tubuh Anda menjadi lebih mudah terserang flu.\

Baca juga: BNPB: 19 Orang Meninggal Akibat Cuaca Ekstrem Siklon Cempaka

Ia mengingatkan masyarakat agar tetap mengikuti instruksi pemerintah mengingat pemerintah adalah pihak yang memiliki informasi memadai seputar siklon ini.

Yang paling utama, khusus Anda yang tinggal di daerah yang rawan, dr Achmad juga berpesan agar Anda bisa lebih sigap lagi dalam menghadapi cuaca ekstrem.

"Paling tidak obat-obatan sudah disiapkan dan dikemas dalam tempat yang tidak mudah rusak sehingga saat harus ngungsi obatnya tetap aman. Siapkan KTP juga dan kartu BPJS kemana pun Anda pergi agar lebih mudah dalam mengurus berbagai urusan," pungkasnya.

Baca juga: 8 Makanan Rekomendasi Saat Cuaca Ekstrem Akibat Siklon Tropis

(ask/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close