detikhealth

Hebat! Kembar Tiga Tunanetra Ini Raih Pangkat Tertinggi di Kepanduan

Rahma Lillahi Sativa - detikHealth
Senin, 04/12/2017 16:46 WIB
Hebat! Kembar Tiga Tunanetra Ini Raih Pangkat Tertinggi di KepanduanOllie mendampingi ketiga putranya saat dinobatkan sebagai Eagle Scouts. (Foto: Facebook/Ollie Cantos)
Jakarta, Ollie Cantos merasa bangga dengan pencapaian ketiga putranya, apalagi ketiganya tidak membiarkan kondisi mereka sebagai penghalang untuk menggapai cita-cita.

Kebanggaan ini dirasakan Ollie saat menghadiri upacara penganugrahan pangkat tertinggi dalam gerakan kepanduan Amerika, Eagle Scout bagi ketiga putranya, Nick, Leo dan Steven (18), Oktober silam. Padahal prestasi ini tidaklah mudah diraih sebab mereka bertiga tunanetra sejak lahir.

Ollie yang juga tunanetra itu mengadopsi remaja kembar tiga ini di tahun 2010, atau saat usia mereka masih 11 tahun.

"Namun sejak mereka hadir dalam kehidupan saya, hidup saya tak ubahnya serangkaian keajaiban yang terjadi dari ke hari. Hidup saya benar-benar berbeda semenjak itu," tuturnya kepada ABC News.

Ollie pula yang melatih mereka untuk mengenal lingkungan tempat tinggal mereka hingga membiasakan agar ketiga putranya hidup seperti anak normal pada umumnya.

Misalnya bermain video games, membantu sang ayah memasak di dapur hingga memancing. Leo bahkan mengaku memasak adalah salah satu hobi mereka bertiga.

Baca juga: Ini Eka, Penyandang Tunanetra yang Serba Bisa

Leo menambahkan, ia dan kedua saudaranya mulai aktif dalam gerakan kepanduan sejak enam tahun lalu. Ollielah yang memperkenalkan mereka pada organisasi ini sekaligus menjadi pendukung utama mereka. "Kalau kita tidak memiliki ayah sepertinya, kami mungkin tidak bisa berbuat apa-apa," timpal Nick.

Masing-masing dari ketiganya mempunyai 21 lencana dan telah menyelesaikan sebuah proyek untuk mendapatkan predikat sebagai Eagle Scouts.

Kembar tiga asal Arlington, Virginia pun merasa bangga mengingat tak ada perlakuan khusus yang mereka peroleh untuk menyelesaikan proyek tersebut.

"Saya selalu melihat diri saya hanya sebagai seorang tunanetra. Tetapi ini tidak menentukan hidup saya, dan saya bisa mencapai apa yang dicapai Eagle Scouts lainnya," kata Steven.

Leo pun menimpali, "Semua orang bisa melakukannya, Anda tinggal meyakinkan diri Anda bahwa tak ada batasan."

Ollie sendiri mendapat penghargaan berupa tiga pin Eagle Scout atas pencapaian ketiga putranya. "Saya bangga memakainya karena mereka telah menjadi seorang Eagle Scout," pungkas pria yang berprofesi sebagai pengacara tersebut.

Baca juga: Meski Tunanetra, Zizi Semangat Belajar Musik dan Gemar Baca Buku(lll/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit