detikhealth

5 Kombinasi Makanan yang Manfaatnya Maksimal Jika Disantap Bersamaan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 06/12/2017 09:30 WIB
5 Kombinasi Makanan yang Manfaatnya Maksimal Jika Disantap BersamaanIlustrasi kombinasi makanan yang manfaatnya maksimal jika dikonsumsi bersamaan/Foto: iStock
Jakarta, Untuk alasan kesehatan, jangan makan makanan yang hanya enak di mulut saja. Ada baiknya konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi serta vitamin yang sudah jelas memberi manfaat bagi tubuh.

Nah, untuk memperoleh manfaat yang lebih maksimal lagi. Anda bisa melahap dua makanan tertentu secara bersamaan, seperti dikutip dari shape.com.sg. Apa saja makanan-makanan itu?

Baca juga: 6 Snack Sehat yang Boleh Kamu Makan Saat Diet

1. Teh hijau dan lemon

Teh hijau dikenal karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Teh hijau mengandung kompenen utama katekin, superoksidan, bukan hanya antioksidan. Nah katekin akan bekerja dengan baik jika ditambahkan dengan beberapa jus lemon ke minuman. Vitamin C dan unsur lain dalam jus tersebut membantu menstabilkan katekin agar tidak terjadi degradasi. Selain menghilangkan haus, minum teh hijau bersama dengan lemon juga akan membantu mengisi tenaga.

2. Sayuran dan minyak zaitun

Tuangkan salad atau tumis sayuran Anda dengan sedikit minyak. Ini bisa membantu penyerapan tujuh nutrisi mikronutrien yang ditemukan pada sayuran, termasuk karoten, lycopene, vitamin A, E, dan K. Menurut sebuah penelitian yang ditunjukkan oleh seorang ilmuwan di Iowa State University.

Menurut Wendy White, peneliti sekaligus profesor ilmu pangan dan gizi manusia, menambah jumlah minyak dapat meningkatkan penyerapan nutrisi. Namun tidak boleh berlebih, cukup dua sendok makan sehari. Untuk percobaan ini, Wendy bereksperimen menggunakan minyak kacang kedelai yang kerap digunakan dalam salad dressing komersial.

3. Salad dan telur

Selain mendapatkan asupan protein, memasangkan telur utuh dengan salad yang terdiri dari kacang, biji-bijian dan alpukat membantu menyerap empat sampai tujuh kali lebih banyak vitamin E. Fungsi vitamin E sebagai antioksidan dan bersifat anti-inflamasi.

4. Sereal dan susu

Tubuh terkadang tidak mendapat cukup vitamin D. Karenanya, Anda bisa menaikkan kadar vitamin D dengan mengonsumsi ikan, seperti tuna dan salmon. Selain pada ikan, vitamin D juga hadir dalam keju dan kuning telur.

Namun cara lain yang lebih simpel untuk mendapatkan asupan vitamin D adalah dengan mengonsumsi susu dan sereal dalam waktu yang sama, misal pada saat sarapan.

5. Daging dan sayuran

Zat besi dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah, yang mengangkut oksigen melalui tubuh Anda. Selain itu zat besi bisa mengatasi kelesuan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Namun, kebanyakan wanita tidak mendapatkan cukup asupan zat besi tersebut, padahal ini sangat penting selama masa kehamilan.

Zat besi terkandung pada daging dan ikan. Agar zat besi dapat diserap dengan lebih baik bisa disajikan secara berbarengan dengan makanan yang kaya vitamin C, seperti sup tomat, salad, tumis paprika, atau sayuran seperti brokoli, kembang kol dan brussel sprouts.

Baca juga: 3 Langkah Praktis Hilangkan Keinginan Ngemil(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit